Lulup Di Translokasi Ke Taman Nasional Gunung Palung

Senin, 08 Januari 2018

Ketapang (8/1/12). Kamis, 4 Januari 2018, petugas Resort KSDA Sukadana bersama petugas YIARI Ketapang melakukan pengecekan ke lokasi adanya individu Orangutan ( Pongo pygmaeus), namun setelah sampai lokasi, dijumpai keberadaan individu lain Orangutan Jantan Dewasa yang beberapa waktu lalu telah diamati sebelumnya (sejak bulan Oktober 2017). 

Menilai prioritas berdasarkan sifat liar, agresif dan meresahkan warga, maka terhadap Jantan Dewasa bernama LULUP usia ± 23 tahun dengan kondisi liar dan terdapat luka bagian chippad sebelah kanan diputuskan segera direscue dan translokasi. Tindakan terhadap individu Orangutan sebelumnya masih dapat dilakukan penghalauan. Kemudian sebagai upaya animal welfare, LULUP di rescue sesuai SOP dengan pembiusan dilanjutkan pemeriksaan kondisi satwa dan pemasangan chip.
LULUP yang diperkirakan sebaran habitatnya sekitar koridor TN Gunung Palung, segera ditranslokasi ke lokasi tsb, setelah sebelumnya tim berkoordinasi untuk ijin translokasi Orangutan ke dalam kawasan TNGP. Oleh petugas TNGP diarahkan lokasi translokasi berada di Riam Bekinjil Pal 20 berjarak ± 5 km dari jalan utama dan berhasil di translokasi pada pukul 19.15 wib. Selanjutnya ditempatkan volunteer dari YIARI untuk mengamati prilaku dan pergerakannya ditempat translokasi.
Semoga LULUP segera beradaptasi dengan rumah barunya di Gunung Palung

Sumber: BKSDA KALBAR.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini