BKSDA Sumatera Selatan Bersama Masyarakat Robohkan 67 Pondok Perambah Dalam Kawasan

Jumat, 05 Januari 2018

Lahat, 5 Januari 2018 - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan bersama masyarakat desa penyangga merobohkan 67 pondok perambah dalam kawasan Hutan Suaka Alam Kelompok Hutan (HSA KH) Gumai Tebing Tinggi sebagai upaya menjaga kawasan konservasi dari penggunaan kawasan secara non prosedural.

Tipologi tekanan kawasan HSA KH Gumai Tebing Tinggi selain dilakukan oleh masyarakat sekitar kawasan juga dilakukan oleh masyarakat datangan yang keberadaanya lebih mendominasi. Karakter tekanan oleh masyarakat sekitar kawasan dilatarbelakangi oleh tuntutan akan kebutuhan hidup sedangkan masyarakat datangan yang berasal jauh dari kawasan bukan hanya untuk kebutuhan hidup tetapi juga mengarah pada investasi dan kebutuhan akan ruang hidup dan penghidupan yang apabila tidak segera ditertibkan dapat berkembang menjadi permanen bahkan tumbuh menjadi pemukiman.

Dalam penertiban penggunaan kawasan secara non prosedural, SKW II Lahat BKSDA Sumatera Selatan  bersama masyarakat desa penyangga merobohkan 67 pondok yang terdiri dari 10 pondok di Talang Daud, 12 pondok di Talang Kembang Ayun II, 11 pondok di Talang Jihar/Kembang Ayun III, 6 pondok di Talang Rozali, 4 pondok di Talang Budi, 3 pondok di Talang Yahok, dan 21 pondok dengan kondisi menyebar.

BKSDA Sumatera Selatan bersama masyarakat tidak akan pernah lelah untuk terus menertibkan penggunaan kawasan secara non prosedural sebagai upaya menjaga kawasan konservasi yang merupakan titipan anak cucu yang harus dijaga kelestariannya.

Sumber: BKSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini