“Gallery Of Conservation” Warna Baru Dalam Mendorong Publikasi Pengelolaan Kawasan Konservasi Kalimantan Barat

Jumat, 05 Januari 2018

Pontianak, 4 Desember 2018 - Sebagai wujud rasa cintanya terhadap konservasi, Kepala SKW III Singkawang Dani Arief Wahyudi, S.Hut, M.Ap, M.Agr beserta jajarannya mempersembahkan “Gallery of Conservation” yang mengambil tempat di Kantor SKW III Singkawang,

Dalam sambutannya Kasi III menyampaikan, karena rasa cintanya dan rasa cinta jajarannya terhadap pejuang konservasi, terhadap upaya-upaya konservasi yang telah dilakukan maka pada hari ini dapat dipersembahkan “Gallery of Conservation”.

Ide pembuatan gallery ini dilatar-belakangi oleh minimnya informasi mengenai biodiversitas, ekosistem dan upaya-upaya konservasi. Pada dasarnya SKW III ingin memberikan warna dalam upaya penyampaian informasi dan penyuluhan melalui gallery of conservation.

Barangkali kita bertanya, kenapa disebut “Gallery of Conservation” dalam bahasa Inggris, dan bukan “Galeri Konservasi” dalam bahasa Indonesia. Penyebutan tersebut bukan untuk mendapatkan image “keren”, tetapi lebih karena muatan “semangat global”, yang artinya semangat konservasi yang kita gaungkan dari “pedalaman Kalimantan Barat” ini akan menyebar tanpa mengenal batasan geografis ke seluruh dunia.

Harapannya kita semua dapat tetap merapatkan barisan, memperjuangkan konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya “Gallery of Conservation”. Ada makna dibalik desain prasasti tersebut. Tanda tangan seluruh staf SKW III dalam prasasti tersebut menggambarkan bahwa dalam menjalankan amanah pekerjaan, sebagai Kepala Seksi telah mendapatkan support dari teman-teman SKW III. Sebaliknya, ide, gagasan, dan partisipasi mereka tidak akan dapat diwujudkan secara maksimal jika tidak difasilitasi oleh pimpinan, itulah yang tersirat dalam cap tangan di prasasti tersebut.

Jadi pada intinya, di dalam menjalankan amanah konservasi, ada semacam simbiosis mutualisme dalam bekerja untuk upaya-upaya konservasi.

Dalam kesempatan launching, dihadiri langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta, S.Hut, MT, stakeholder terkait dan beberapa mitra konservasi.

Melalui Kasi III, seluruh staf SKW III mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Balai KSDA Kalbar, yang dari awal sangat mensupport dan sangat memberikan inspirasi bagi pembuatan gallery ini.

Demikian juga, tidak lupa Kasi III Singkawang memberikan apresiasi dan terima kasih kepada mitra yang telah banyak membantu terwujudnya pembuatan gallery ini.

Dalam kesempatan sambutan pembuka, Kepala Balai Sadtata Noor Adirahmanta menyampaikan apresiasi dan angkat topi atas usaha seluruh staf SKW III dalam upaya memperjuangkan nilai-nilai konservasi. Semoga saja apa yang dilakukan SKW III dapat di contoh oleh SKW I dan II.

Sumber: BKSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini