BBKSDA Riau Bersama Masyarakat Robohkan Kandang Ayam di TWA Muka Kuning

Jumat, 22 Desember 2017

Batam, 21 Desember 2017. Kandang ayam yang baru akan dibangun berhasil dirobohkan sebelum sempat terbangun secara utuh di kawasan konservasi TWA Muka Kuning, Batam. Pembangunan ini diinformasikan secara parsipatif oleh masyarakat yang telah bersepakat tidak akan adanya pembangunan bangunan baru di dalam kawasan konservasi tersebut.

Peran serta masyarakat dalam mengurangi tekanan penggunaan lahan khususnya memasuki kawasan hutan negara dapat dibangun dengan kesepakatan -kesepakatan yang harus segera ditindak lanjuti dengan model - model parsipatif yang secara nyata melibatkan peranserta seluruh stakeholder.

Selain pembongkaran kandang ayam, di desa Tembesi Buton, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji juga terjadi perobohan penambahan bangunan yang ditengarai akan digunakan untuk memproduksi tahu dan tempe. Dengan sukarela akhirnya bangunan dirobohkan sendiri oleh pemiliknya dibantu petugas Seksi Konservasi Wilayah II.

Hal ini menunjukkan bahwa penyadartahuan, koordinasi dan komunikasi antara petugas Seksi Konservasi Wilayah II dan masyarakat sudah berjalan dengan baik. Yang mana sebelumnya telah terjadi kesepakatan tidak adanya penambahan bangunan baru di dalam kawasan konservasi TWA Muka Kuning.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini