Liburan Asik Bersama Pramuka Saka Wanabakti Balai TN Matalawa

Kamis, 21 Desember 2017

Waingapu, 21 Desember 2017. Mengikuti kegiatan perkemahan Saka Wanabakti bagi siswa-siswi sekolah merupakan salah satu cara menikmati masa libur sekolah yang menyenangkan. Selain mendapat pengalaman baru tentunya menambah pengetahuan terkait pengelolaan sumberdaya alam di Pulau Sumba.

Kegiatan Kemah Saka Wanabakti Taman Nasional Matalawa dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 17 Desember 2017 dengan lokasi pelaksanaan kegiatan di lokasi perkemahan Kambajawa Km. 5 Kota Waingapu. Banyak kegiatan menarik yang diperoleh peserta kegiatan yang sebagian besar siswa sekolah Menengah atas/Kejuruan, mulai dari upaya penanggulangan kebakaran hutan, orientasi medan dan Single rope technique (SRT), hingga materi kepramukaan dan Saka Wanabakti.

Tidak hanya memperoleh materi dari narasumber yang berpengalaman, peserta kegiatan kemah juga mempraktekan langsung ilmu yang telah diperoleh. Para peserta kegiatan sangat antusias memadamkan api saat simulasi pemadaman kebakaran hutan, yang dipandu oleh Polhut TN Matalawa (Andri M. Supriatama). Sedangkan pada saat praktek orientasi medan dan pengenalan SRT, peserta kemah diajarkan cara menggunakan peralatan standar pendakian serta menaiki pohon dengan menggunakan tali carmentel dengan didampingi instruktur Kak Tomy Nggimu Tara (Staf TN Matalawa).

Walaupun diguyur hujan selama 2 (dua) hari berturut-turut, hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta kemah dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Pada hari kedua pelaksanaan, peserta diajak menjelajahi hutan di Kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) Hambala yang letaknya tidak jauh dari lokasi perkemahan. Selama melakukan penjelajahan peserta juga memperoleh materi terkait pengenalan jenis ular di Pulau Sumba, serta cara penanganan gigitan ular. Kegiatan pada hari kedua ini ditutup dengan penyalaan api unggun, acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan setiap anggota Saka Wanabakti.

Hari terakhir pelaksanaan kemah Saka Wanabakti, diisi dengan pelantikan anggota Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti angkatan IX. Sebelum dilaksanakan pelantikan, calon anggota wajib mengikuti tradisi mandi rimba sebagai bentuk komitmen dan menyatu dengan alam bagi setiap anggota Saka Wanabakti yang telah dilantik. Kegiatan pelantikan dipimpin langsung oleh Sekretaris Pimpinan Saka Wanabakti (Kak Hezron Manafe), dan sebelum ditutup secara resmi dalam kegiatan kemah saka wanabakti tersebut dilaksanakan musyawarah dalam rangka pemilihan Dewan Saka Wanabakti periode 2018-2019.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini