Balai TN Gunung Palung Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengrajin HHBK

Selasa, 19 Desember 2017

Ketapang, 17 Desember 2017. Bertempat di Aula Bentangor Desa Pampang Harapan, Balai TNGP selenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas pengrajin hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang berada disekitar kawasan TNGP. Pelatihan dibuka secara simbolis oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGP yang dimulai dari tanggal 14 s.d 16 Desember 2017 diikuti oleh 45 orang dari 5 kelompok pengrajin HHBK Desa Sejahtera dan Desa Pampang Harapan.

Dalam sambutannya Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGP menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pengrajin HHBK disekitar kawasan TNGP, agar produk-produk kerajinan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik sehingga dapat bersaing dipasaran, selain itu dengan pelatihan ini dapat tercipta produk kerajinan yang kreatif dan inovatif. Harapan kedepan bahwa kelompok pengrajin dapat terus berkarya menghasilkan produk-produk terbaik yang dapat dijual sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. TNGP memberi akses kepada masyarakat untuk memanfaatkan HHBK yang dapat diolah menjadi barang-barang produktif tentunya dengan memperhatikan keseimbangan ekosistem sehingga kegiatan yang merusak kawasan TNGP dapat berkurang.

Sebagai narasumber yaitu Pembina Dekranasda Kabupaten Kayong Utara dan Ibu Ida yang merupakan pelopor pengrajin HHBK di Kabupaten Kayong Utara. Selain itu hadir beberapa perwakilan dari Yayasan Palung, Yayasan Asri dan Desa Pampang Harapan. Para peserta yang mayoritas ibu rumah tangga sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Diakhir pelatihan ditampilkan beberapa karya produk kerajinan seperti sandal, tempat tissue, tas, dompet, tikar, keranjang dan lain sebagainya.

Sumber : Balai TN Gunung Palung













Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini