Balai TN Gunung Palung dan Masyarakat Lakukan Penanaman Mangrove Bersama

Kamis, 21 Desember 2017

Sukadana, 20 Desember 2017. Bertempat dilokasi Tanggul Air Asin Dusun Tanjung Gunung Desa Sejahtera Kabupaten Kayong Utara dilakukan kegiatan penanaman mangrove bersama antara Balai TNGP dengan masyarakat Dusun Tanjung Gunung. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekosistem dengan merehabilitasi vegetasi mangrove pada areal terdampak dari pembangunan normalisasi tanggul air asin yang telah dibuat. Seperti yang telah diketahui bahwa pembangunan normalisasi tanggul ini merupakan usulan dari masyarakat Dusun Tanjung Gunung kepada Pemerintah Daerah Kab. Kayong Utara yang sudah sekian lama terkena dampak pasang air laut yang masuk ke areal pertanian milik warga. Pembangunan normalisasi tanggul air asin dikawasan TNGP pada zona pemanfaatan diakomodir melalui perjanjian kerjasama (PKS) antara Balai TNGP dan Pemerintah Kab. Kayong Utara yang telah ditandatangani pada bulan November 2017, dengan tujuan agar lahan pertanian masyarakat diluar kawasan TNGP menjadi produktif kembali.

Sebagai bagian dari butir perjanjian kerjasama terdapat klausul untuk merehabilitasi areal yang terdampak dari pembangunan normalisasi tanggul tersebut oleh Pemda KKU, maka setelah pembangunan tanggul tersebut selesai dilakukan kegiatan rehabilitasi mangrove dalam mewujudkan komitmen bersama untuk melakukan pemulihan ekosistem kawasan mangrove.

Secara simbolis Kepala Balai TNGP melakukan penanaman mangrove yang diikuti oleh masyarakat Dusun Tanjung Gunung, turut berpartisipasi kepala Desa Sejahtera dan jajarannya. Sebanyak 500 bibit jenis Bakau, Pidada, Api-api dan Nyirih ditanam pada lokasi tersebut. Melalui kegiatan pemulihan ekosistem dengan penanaman mangrove, masyarakat sekitar diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya konservasi kawasan mangrove TNGP, karena kawasan mangrove bermanfaat untuk mengatur masa air, penghalang abrasi, menjadi habitat satwa. Kegiatan pemulihan ekosistem di sekitar tanggul air asin ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan serta kegiatan monitoring untuk mengetahui tingkat keberhasilan pemulihan ekosistem mangrove.

Sumber : Balai TN Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini