Pelantikan Saka Wanabhakti Taman Nasional Matalawa

Selasa, 19 Desember 2017

Waingapu, 18 Desember 2017. Taman Nasional Matalawa kembali mengukuhkan 30 anggota Saka Wanabhakti Taman Nasional Matalawa pada kegiatan kemah konservasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Desember 2017 di Bumi Perkemahan Dasaelu TN Matalawa. Saka Wanabhakti merupakan salah satu satuan karya pramuka (Saka) sebagai wadah bagi pramuka penegak serta pramuka pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

TN Matalawa saat ini memiliki kurang lebih 150 anggota saka wanabhakti yang aktif dan tersebar di 3 (tiga) wilayah kabupaten, yaitu Saka Wanabhakti Sumba Barat, Saka Wanabhakti Sumba Tengah dan Saka Wanabhakti Laiwangi Wanggameti (Sumba Timur). Saka wanabhakti memiliki tugas dan fungsi mendukung upaya pelestarian sumberdaya alam dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat konservasi.

Guna mendukung fungsi dan peranan  tersebut, setiap anggota saka wanabhakti harus dibekali dengan ilmu, pengalaman dan pengetahuan terkait pengelolaan sumberdaya alam serta kehutanan. Pada kegiatan kemah konservasi tersebut, diberikan beberapa materi pendukung terkait saka wanabhakti. Diantaranya Materi Krida (Tata Wana, Guna Wana, Bina Wana dan Reksa Wana, Pengenalan Kawasan Konservasi dan TN Matalawa serta Materi Kepramukaan. Narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala SPTN Wilayah I Waibakul, Manager Area Sumba JAGAFOPPTA-JICs, Pusdiklat Kwarda NTT dan Kwarcab Sumba Barat.

Kepala SPTN Wilayah I Waibakul (Abdul Basit N.,S.Hut.,M.Si) mengharapkan setiap anggota Saka Wanabhakti yang telah dilantik mampu mengambil peran dalam upaya pelestarian sumberdaya alam khususnya di Pulau Sumba. Selain itu beliau menambahkan, cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh anggota Saka Wanabhakti TN Matalawa guna mendukung upaya konservasi. Diantaranya melakukan penanaman pohon, melaksanakan kampanye dan penyadartahuan hingga melaksanakan aksi simpatik bersih lingkungan seperti yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Diakhir kegiatan kemah konservasi dalam rangka pelantikan anggota saka wanabhakti ini, setiap peserta dan panitia melakukan penanaman pohon di areal bumi perkemahan Dasaelu. Adapun jenis pohon yang ditanam diantaranya Adinu, Halai, Mayela dan Kihi sebanyak 800 bibit Pohon. 

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini