Rafflesia tuan-mudae ditemukan di Cagar Alam Maninjau

Rabu, 20 Desember 2017

Padang, 19 Desember 2017. Bunga Rafflesia tuan-mudae pertama kali ditemukan tumbuh dan mekar di dalam kawasan hutan Cagar Alam Maninjau pada tanggal 16 Oktober 2017 berdasarkan pengecekan bersama masyarakat Nagari Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Selain bunga berdiameter 88 cm yang telah mekar selama 3 hari dalam  pengecekan lapangan tersebut juga ditemukan beberapa bakal bunga berupa knop/kuncup dengan ukuran yang bervariasi.  Sejak saat itu dilakukan pengamanan dan pengamatan intensif perkembangan knop/kuncup bunga tersebut.

Pada tanggal 18 Desember 2017 dijumpai  6 (enam) buah knop/kuncup yang sudah mekar dengan berbagai ukuran, yang terbesar berukuran 107 cm menyamai ukuran jenis Rafflesia arnoldi.  Identifikasi terhadap jenis Rafflesia selanjutnya dilakukan bersama ahli Rafflesia dari Universitas Bengkulu, Dr. Agus Susatya.

Berdasarkan hasil identifikasi dipastikan jenisnya bukan Rafflesia arnoldii tetapi lebih mirip dengan Rafflesia tuan-mudae.  Dalam keterangannya Dr. Agus Susatya juga menyebutkan berdasarkan catatan tentang temuan Rafllesia di berbagai tempat, ukuran bunga Rafflesia yang mekar di kawasan Cagar Alam Maninjau ini merupakan yang terbesar dari semua Rafflesia yang pernah ditemukan.

Sumber : Ade Putra - PEH Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini