Gandeng TVRI Kalimantan Tengah Promosikan Ekowisata Taman Nasional Sebangau

Selasa, 19 Desember 2017

Pulang Pisau, 18 Desember 2017. Balai TN Sebangau bekerja sama dengan WWF-Indonesia Kalimantan Tengah dan stasiun TVRI Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan yang bertema pengembangan model ekowisata. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2017 di Resort Mangkok SPTN Wilayah II di Pulang Pisau ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan potensi wisata TN Sebangau, baik skala lokal provinsi Kalimantan Tengah maupun skala nasional.

Aktivitas yang dilakukan oleh rombongan kali ini adalah wisata memancing,  tema ini dipilih karena merupakan salah satu program dari stasiun TVRI Kalimantan Tengah yang berjudul “Mamisi Lew” kalimat ini diambil dari bahasa lokal (dayak) yang artinya “Ayo Memancing”. Tidak sekedar program memancing, program ini juga memiliki tujuan khusus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di sekitar kawasan TN Sebangau bahwa kegiatan mencari ikan dengan cara memancing merupakan aktifitas yang menyenangkan sekaligus bernilai konservasi. Sebab kegiatan memancing tidak menggunakan bahan beracun atau mematikan seperti dengan cara menyetrum. Sehingga keberlangsungan hidup ikan-ikan di Sungai Sebangau dapat lestari dan berkembang biang biak namun tetap bisa dimanfaatkan. Crew TVRI Kalteng selain meliput aktivitas memancing juga melakukan wawancara kepada  pengelola Balai TN Sebangau dan Mitra WWF-Indonesia Kalimantan Tengah tentang pengelolaan kawasan TN Sebangau. Beberapa hal yang ingin diketahui oleh crew adalah terkait Jumlah pengunjung, jenis flora dan fauna, ekosistem hutan rawa gambut yang memiliki keunikan warna hitam karena mengandung tannin yang tinggi.

Promosi ekowisata TN Sebangau terus digencarkan baik melalui jejaring media ssoial, media cetak dan media elektronik salah satunya dengan mengajak stasiun TVRI Kalteng untuk megunjungi TN Sebangau. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan promosi ekowisata yang berpotensi untuk menggerakkan ekonomi nasional dan mensejahterakan rakyat di sekitar kawasan yang dikembangkan sebagai pariwisata alam. Strategi pengelolaan ekowisata merupakan bentuk dari suatu seni yang mempergunakan kecakapan dan sumberdaya dalam mencapai sasaran program jangka panjang dengan memperhatikan kelestarian alam dan peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Strategi pengelolaan ekowisata disuatu daerah akan sangat bermanfaat bagi pemerintah, masyarakat maupun dalam upaya pelestarian sumberdaya dan lingkungan. Ekowisata dapat mendorong perekonomian masyarakat disekitarnya, dengan cara memberikan jasa keindahan alam kepada wisatawan dimana cara ini dapat memotivasi masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian lingkungan alam di kawasan konservasi seperti halnya Taman Nasional Sebangau.

Sumber : Tito Surogo - Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini