Tiga Rombongan Misi Berbeda di TN. Aketajawe Lolobata

Minggu, 17 Desember 2017

Sofifi, 16 Desember 2017. Mahasiswa Universitas Khairun (Unkhair) jurusan Pariwisata untuk pertama kalinya berkunjung ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) di Resort Tayawi guna pengamatan bururng Bidadari Halmahera (Semioptera wallacii).

Romongan sebanyak 16 orang termasuk dosen pembimbingnya bertolak dari terminal Sofifi pukul 11:15 WIT dan tiba di Resort Tayawi pukul 14: 15 WIT. Setibanya di kantor resort, petugas resort langsung mengarahkan mahasiswa untuk beristirahat. Sebagian dari mereka langsung melakukan aktifitas pengambilan dokumen dan berkunjung ke Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) disekitar kantor. Malam harinya petugas Resort Tayawi memberikan arahan terkait persiapan kegiatan pengamatan besok.

Keesokan harinya para rombongan dipandu untuk menuju lokasi pengamatan sekitar pukul 05:30 WIT. Dengan menyeberangi sungai Tayawi sebanyak 3 (tiga) kali sampailah rombongan di lokasi pengamatan burung endemik Maluku Utara tersebut. Rombongan tersebut mulai mengamati dan naik ke menara pengamatan atau rumah pohon.

“Ini perjumpaan pertama, melihat langsung burung Bidadari yang cantik dan indah”, kata Bapak Muslim, dosen pembimbing mahasiswa jurusan Pariwisata. “Serasa tidak mau turun dari rumah pohon ini”, pungkas beliau.

Selain rombongan dari mahasiswa Unkhair, terdapat juga rombongan dari petugas Puskesmas setempat (Talagamori) dan LSM LEMARI. Petugas Puskesmas melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatan secara gratis kepada MTD. Sedangkan kedatangan LSM LEMARI bertujuan untuk mengajar membaca dan menulis bagi MTD.

Sumber : Risno Adnan - Tenaga Kontrak Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini