Gula Aren Lokal Menuju Nasional

Minggu, 17 Desember 2017

Palu, 17 Desember 2017. Petani gula aren Desa Owini Kecamatan Pamona Barat dan Desa Bancea Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso sudah ada sejak lama. Selama ini gula aren yang diproduksi dijual terbatas untuk sekitar desa tersebut. Desa Owini dan Desa Bancea merupakan daerah penyangga kawasan konservasi TWA Bancea dan CA Pamona, BKSDA Sulawesi Tengah.

BKSDA Sulawesi Tengah, mempunyai program pemberdayaan masyarakat di kawasan konservasi. Salah satu kegiatan yang sedang dilakukan adalah Pengembangan kualitas gula aren sehingga kualitas produk gula tersebut dapat diterima di pasar nasional. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan adalah pembentukan kelompok, peningkatan kapasitas dan keterampilan kelompok melalui pelatihan yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan perdagangan Propinsi Sulawesi Tengah, serta pemberian bantuan usaha. Kegiatan yang akan dilakukan adalah memperoleh ijin usaha rumah tangga (IRT) oleh Dinas Kesehatan Kota Poso dan mengembangkan produk kemasan gula aren.

Pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di desa sekitar kawasan konservasi dan menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kawasan konservasi. Anda berminat ikut membantu memasarkan gula aren? Silahkan menghubungi kantor BKSDA Sulawesi Tengah.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini