Kolaborasi BTN Kelimutu dengan Balai PSKL Jabalnusra Tanam Pohon Lahan Kritis

Minggu, 17 Desember 2017

Ende (17/12/17). Balai TN Kelimutu berkoordinasi dengan Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Jawa, Bali Nusa Tenggara, melaksanakan kegiatan Replikasi yang merupakan kegiatan "penularan" aktifitas penerima Kalpataru tahun 2016 kategori Penyelamat Lingkungan yaitu Kelompok Wonga Mengi Desa Kedebodu Kab. Ende berupa kegiatan penanaman dan pengelolaan lahan kritis.
Target kegiatan ini adalah masyarakat perambah di kawasan hutan TN Kelimutu di Desa Niowula, Kab. Ende untuk menanami lahan kritis di luar kawasan TN dengan tanaman produktif yang penanaman dan pengelolaannya dibimbing oleh Kel. Wonga Mengi. Bilamana tanaman telah berhasil maka akan dilakukan restorasi di areal perambahan kemudian.
Sebagai langkah awal, mulai hari Selasa, 12 Desember 2017, telah dilaksanakan kegiatan penguatan kelembagaan kelompok masyarakat perambah, bertempat di Kantor Desa Niowula, dengan Narasumber : Ketua Kelompok Wonga Mengi, Kepala Desa Kedebodu, Kepala Desa Niowula, Kepala SPTN Wilayah II Detusoko, LSM Yayasan Tananua Ende, dan Forum Masyarakat Adat Daerah Penyangga Kawasan TN Kelimutu.
Selain itu telah dilakukan pula penataan dan penyiapan lahan kritis seluas 2 Ha di luar kawasan Taman Nasional, untuk ditanami berbagai jenis tanaman produktif, antara lain 320 batang anakan cengkeh dan 1.440 batang anakan mahoni.

Sumber: TN Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini