Balai TN Sebangau Laksanakan Smart Patrol Bersama Polisi dan MMP

Jumat, 15 Desember 2017

Pulang Pisau, 13 Desember 2017. Balai TN Sebangau bekerja sama dengan USAID LESTARI, Kepolisian dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) bersama-sama melaksanakan kegiatan Smart Patrol. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan aktifitas memetakan potensi sumber daya alam meliputi jenis satwa prioritas dan flora dalam pengelolaan kawasan konservasi dan bisa menemukan pelanggaran atau ancaman dari manusia dengan metode “SMART PATROL”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 23 November 2017 yang berlokasi di tiga resort yaitu Resort Mangkok, Resort Bangah dan Resort Sebangau Kuala SPTN Wilayah II Pulang pisau.

Sejak dua tahun terakhir Balai TN Sebangau telah melaksanakan patroli pengamanan kawasan dengan menggunakan metode SMART PATROL. Data yang dihasilkan dari kegiatan ini dirasakan lebih baik dan efisien karena SMART PATROL merupakan sebuah aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola database yang terintegrasi secara langsung dengan kegiatan petugas di lapangan. Sistem ini terhubung dengan smartphone sehingga memungkinkan efektifitas pengelolaan data hasil kegiatan. Di dalam pelaksanaan kegiatan selain untuk memetakan potensi sumber daya alam yang ada disekitar 3 resort tersebut juga untuk meningkatkan kapasitas petugas di lapangan dalam rangka perlindungan dan pengamanan hutan dari ancaman perburuan, pemukiman ilegal, pembukaan lahan baru, perkebunan ilegal dan pertambangan.

Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya karena SMART PATROL sangat membantu manager kawasan konservasi untuk membuat rencana pengelolaan yang lebih baik, mengevaluasi dan mengimplementasikan aksi konservasi serta meningkatkan akuntabilitas. Dari hasil data ini harapannya dapat mencegah atau membatasi kerusakan hutan khususnya di Balai TN Sebangau.

Sumber : Tito Surogo - Penyuluh Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini