Bantuan Usaha Ekonomi Produktif di Desa Sebangau Mulya dari Balai TN Sebangau

Sabtu, 16 Desember 2017

Pulang Pisau, 16 Desember 2017. Balai TN Sebangau melaksanakan kegiatan penyerahan anakan kambing sebanyak 9 (sembilan) ekor kepada kelompok usaha ekonomi produktif wana mulya di Desa Sebangau Mulya, Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 15 Desember 2017 ini merupakan bantuan lanjutan pada tahun 2013 melalui pembentukan Desa Model Desa Konservasi (MDK).

Sebelumnya telah diserahkan jenis bantuan berupa bibit karet sebanyak 2.000 (dua ribu) batang dan bibit sapi sebanyak 6 (enam) ekor. Dari hasil monitoring dan evaluasi jenis bantuan bibit karet yang awalnya sudah di tanam dan tumbuh dengan baik tetapi pada Tahun 2015 terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga tanaman tersebut banyak yang mati. Pada jenis bantuan bibit sapi dengan sistem gulir dan kredit yang sebelumnya 6 (ekor) pada saat ini telah berkembang menjadi 11 (sebelas) ekor ditambah dengan guliran kambing yang awalnya 4 (empat) ekor berkembang menjadi 11 (ekor).

Bapak Dedy Sentoso,SH selaku Kepala SPTN Wilayah II yang mewakili Kepala Balai TN Sebangau pada kegiatan tersebut mengungkapkan sangat berterima kasih kepada kelompok tani wana mulya Desa Sebangau Mulya atas keberhasilan dalam mengelola bantuan yang diberikan dari pihak Balai TN Sebangau melalui pembinaan yang dilakukan secara rutin selama ini. Berdasarkan laporan hasil monitoring dan evaluasi, Desa Sebangau Mulya adalah salah satu desa yang berhasil dalam mengelola bantuan ekonomi produktif dibanding 3 (tiga) Desa MDK yang lain.

Diharapkan pada tahun selanjutnya keberhasilan dalam mengelola bantuan ini dapat diterapkan pada desa MDK lainnya. Selain itu Balai TN Sebangau juga perlu meningkatkan pendampingan kepada masyarakat agar bantuan yang telah diberikan dapat berkembang baik serta memberikan manfaat bagi masyarakat. Tujuan dari program pemberdayaan adalah membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri yaitu kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang akan mereka lakukan. Masyarakat akan menjadi mandiri apabila dapat menggunakan kemampuan berpikir dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Semoga dengan bantuan ekonomi produktif ini dapat memberikan dampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat serta mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kawasan.

Sumber : Tito Surogo - Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini