Balai KSDA Jambi Evakuasi Tapir Masuk Kampung

Sabtu, 16 Desember 2017

Tebo, 16 Desember 2017. Masyarakat Kampung Simpang Desa Mangupe Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo melaporkan ke Seksi Wilayah II Muara Bulian BKSDA Jambi (12/12/2017) adanya 3 ekor tapir yang masuk dusun, satu ekor diantaranya terperosok masuk kedalam septiteng rumah warga (Bpk. Yusuf), sedangkan 2 ekor lainnya berlari kearah hutan. Tapir tersebut diduga berasal dari Tahura Bukit Sari.

Merespon laporan tersebut, Kepala Seksi II beserta staf berkoordinasi dengan dokter hewan dari SOCP (drh. Yuli Akmal) serta Polsek Tengah Ilir  langsung bergerak ke lokasi. Tim membawa tapir tersebut  ke Jambi untuk dititip rawat sementara di Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Menurut keterangan Dokter Hewan, tapir tersebut berjenis kelamin betina yang diduga dalam keadaan hamil.

Berdasarkan informasi masyarakat setempat, kejadian tapir masuk kampung sudah beberapa kali. Apabila nanti dilepasliarkan kembali di Tahura Bukit Sari kejadian yang sama akan terulang dan membahayakan kehidupan dan kelestarian satwa tersebut. Untuk itu Balai KSDA Jambi mengusulkan akan melepasliarkan tapir tersebut di kawasan TN Berbak dan Sembilang atau TN Bukit Tiga Puluh yang juga merupakan habitat tapir.

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini