BBTNBKDS Serahkan Bantuan 2 Sapi dan 67 Babi di Daerah Penyangga

Jumat, 15 Desember 2017

Embaloh Hulu, 15 Desember 2017. Sebagai wujud apresiasi atas dukungan masyarakat di daerah penyangga Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Senatrum (BBTNBKDS melalui Bidang Pengelolaan TN Wilayah I Mataso (BPTNW) secara simbolis menyerahkan bantuan ternak sebanyak 2 ekor sapi dan 67 ekor babi. Dua desa yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Desa Mensiau Kecamatan Batang Lupar dan Desa Menua Sadap Kecamatan Embaloh Hulu. Dalam arahannya, Kepala Bidang PTNW I Mataso Djunaidi mengatakan bahwa bantuan ini sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat di daerah penyangga khususnya di dua desa tersebut. “paket bantuan ini sebagai wujud apresiasi kami kepada masyarakat penyangga kawasan TNBKDS yang sudah ikut aktif dan terlibat dalam menjaga kawasan TNBKDS khususnya Bidang Wilayah I Mataso” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Seksi I Singkawang BKSDA Kalimantan Barat ini mengatakan bahwa dukungan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kawasan TNBKDS dari kerusakan menjadi penyemangat bagi staf TN khususnya Polhut. “kawasan TN adalah milik kita bersama maka upaya perlindungan kawasan tidak hanya dilakukan polhut saja tapi juga bapak ibu sekalian” tegas Djunaidi. Menutup arahannya, Djunaidi berharap bantuan yang diberikan ini dapat digunakan sebaik mungkin dan bisa berkelanjutan. “semoga kerjasama antara pihak Taman Nasional dapat terjalin erat kedepannya”pungkasnya.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut adalah Kepala Bidang PTN Wilayah I Mataso, Kepala Seksi PTN Wilayah I Lanjak, Kepala Resort Sebabai, Kepala Resort Sadap, Penyuluh Kehutanan, PEH, Polhut, pimpinana kedua desa, tokoh adat, dan tokoh masyarakat yang berada di dua desa tersebut. Jumlah paket bantuan yang diserahkan berupa bantuan modal usaha sebesar Rp. 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah) yang secara simbolis diserahkan oleh Kepala Seksi PTN Wilayah I Lanjak dan disaksikan oleh para tamu yang hadir. Selanjutnya paket bantuan tersebut dibelanjakan untuk pembelian hewan ternak dan perbaikan kandang ternak. Untuk di Desa Mensiau, paket bantuan dibelanjakan untuk membeli 40 ekor babi dan perbaikan kandang babi. Paket bantuan ini dikelola oleh 14 kepala keluarga penerima bantuan. Sedangkan di Desa Menua Sadap, paket bantuan dibelanjakan untuk pembelian 2 ekor sapi, 27 ekor babi, dan pembangunan kandang babi.

Sumber : Ahmad Rindoan - PEH Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini