Penilaian METT bersama Para Pihak di BTN Kayan Mentarang

Jumat, 15 Desember 2017

Malinau - 15 Desember 2017, Balai Taman Nasional Kayan Mentarang melakukan kegiatan penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi TNKM menggunakan metode Management Effectivenes Tracking Tool (METT) yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 14 Desember 2017 dengan melibatkan para pihak antara lain ; internal Balai TNKM, SKPD Kab. Malinau, FOMMA, LSM dan tokoh masyarakat sekitar TNKM.

Kegiatan penilaian ini merupakan tindak lanjut dari surat keputusan direktur jenderal ksdae nomor : SK.357/KSDAE-SET/2015 Tentang penetapan nilai awal efektivitas pengelolaan KSA, KPA, dan Taman Buru, sekaligus untuk mendukung pencapaian indikator kinerja program Dirtjen KSDAE minimal 70% nilai indeks efektivitas pengelolaan kawasan konservasi. Terdapat enam bagian dalam penilaian METT  yaitu ; context, planning, input, proses, output dan outcomes.

Dari hasil selama dua hari, penilaian METT TNKM menghasilkan nilai efektivitas sebesar 68 %, nilai ini meningkat dari tahun 2015 yaitu sebesar 62 %. Dalam kegiatan penilaian ini terdapat beberapa rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti agar pengelolaan TNKM semakin efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sumber: Balai TN Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini