Wujud Kepedulian Polsek Tempurejo Terhadap Kelestarian Kawasan TNMB

Jumat, 15 Desember 2017

Jember, 13 Desember 2017. SPTN Wilayah II Ambulu dan Polsek Tempurejo, bersama Pemuda Mandilis Bersatu (PMB) dan masyarakat Desa Sanenrejo menanam bibit pohon sebanyak 235 batang di Blok Aren, Zona Rehabilitasi kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Tempurejo. “Penanaman ini mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan melalui penanaman pohon. Harapannya akan diikuti oleh daerah lain di Tempurejo khususnya di wilayah Desa Sanenrejo, agar hutan TNMB kembali hijau.” Ujar Kapolsek Tempurejo, AKP Suhartanto, SH., MM., usai melakukan penanaman.

Jenis bibit yang ditanam terdiri dari Pinang, Durian, Kepuh, Sirsak, dan Lansep. Di sela kegiatan, Kepala SPTN Wilayah II Ambulu yang diwakili oleh Heman Sutresna Deniswara, S.H., menjelaskan tujuan dari kegiatan pada hari ini, yaitu untuk menghijaukan kembali hutan TNMB, PolsekTempurejo peduli dan berkomitmen membantu TNMB dalam upaya konservasi hutan, serta mengajak PMB untuk menjaga dan merawat tanaman.

Penanaman ini juga dilakukan dalam rangka ikut memeriahkan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017. Lebih lanjut, Bahrudin (Kepala Resort Sanenrejo) mengatakan bahwa bibit pohon yang hari ini ditanam pada areal seluas 0,25 hektar ini menjadi “Demplot Penanaman” oleh Polsek Tempurejo dan PMB untuk menghijaukan kembali lahan rehabilitasi. Selain mendorong keterlibatan masyarakat, jenis tanaman yang dipilih merupakan jenis asli kawasan yang mempunyai nilai ekonomi sehingga dapat memberi manfaat secara langsung bagi masyarakat.

Balai TNMB melalui petugas di lapangan terus berupaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan, serta memanfaatkan kawasan TNMB secara bijaksana dan tanpa merusak. Di wilayah Resort Sanenrejo, petugas resort selalu bekerja sama dengan para pemuda PMB dalam melakukan upaya konservasi kawasan.

Balai TNMB menyadari bahwa pelestarian hutan tidak bisa dilakukan sendiri, diperlukan dukungan berbagai pihak. Sudah waktunya semua pihak berpartisipasi dalam upaya pelestarian alam agar tercipta keharmonisan kehidupan antara manusia dengan lingkungannya.

SUmber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini