Revisi Zona TN Aketajawe Lolobata, PIKA : Perbaikan Minor

Jumat, 15 Desember 2017

Sofifi, 15 Desember 2017. Setelah melakukan rangkaian kegiatan revisi zona pengelolaan kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) mulai pengumpulan dan pengolahan data sampai konsultasi publik, akhirnya TNAL melaksanakan pembahasan revisi zona pengelolaan di tingkat pusat. Acara ini dilaksanakan di ruang rapat Komodo, kantor Ditjen KSDAE di Bogor kemarin (14/12).

Acara pembahasan dibuka oleh Kasubdit Penataan Kawasan Konservasi yang mewakili Direktur PIKA dan dihadiri oleh perwakilan dari beberapa direktorat dan pokja penilai. Kasubdit memberikan apresiasi terhadap Kepala Balai TNAL beserta timnya atas kinerjanya dalam membuat dokumen tersebut dalam waktu yang singkat. Pemaparan revisi zona disampaikan oleh Ketua Tim, Gunawan GTP Simanjuntak.

Selesai pemaparan, TNAL mendapat berbagai masukan dan pertanyaan, salah satunya terkait terdapatnya zona khusus pada kelompok hutan Aketajawe. Tanggapan Kepala Balai TNAL bahwa, zona khusus tersebut untuk mengakomodir sarana pembangunan yang bersifat strategis dan sebagai sarana mitigasi bencana, bangunan yang dimaksud adalah bendungan yang telah ada sebelum kawasan TNAL ditunjuk. Pak Wahyudi, Kepala Balai TNAL menambahkan bahwa zona tradisional pada kelompok hutan Lolobata juga telah dikembalikan pada posisi semula sebagai zona rimba dan sebagian lainnya sebagai zona inti karena sebelumnya tidak ada aktivitas di daerah tersebut. Hal ini menjadikan Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) yang mendiami kawasan TNAL secara nomaden bisa melakukan aktivitas tradisional tanpa dibatasi oleh zona tradisional.

“Dokumen (revisi zona pengelolaan) ini sudah bagus dan perbaikannya minor”, tegas Pak Sofyan, salah satu tim penilai dari PIKA. “Karena TNAL selalu melakukan konsultasi dokumen dengan PIKA”, tambahnya. Pembahasan revisi zona pengelolaan TNAL juga bersamaan dengan pembahasan zonasi Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini