BTN Sebangau Gelar Kegiatan Puncak Hari Menanam Dan Bulan Menanam Nasional 2017

Jumat, 15 Desember 2017

Palangka Raya, Senin 11 Desember 2017. Balai Taman Nasional Sebangau menyelenggarakan kegiatan widya wisata dan penanaman pohon dalam rangka Bhakti Konservasi Taman Nasional Sebangau di Sungai Koran, Resort Sebangau Hulu SPTN Wilayah I yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2017. Kegiatan yang bertepatan dengan puncak hari menanam dan bulan menanam nasional tahun 2017 diikuti sedikitnya oleh 60 peserta. Berasal dari berbagai instansi, komunitas, Agen Travel Wisata, lembaga pendidikan, masyarakat sekitar kawasan dan awak media. Diantaranya adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Bappeda Litbang Provinsi Kalimantan Tengah, Komunitas Pararel Borneo, Komunitas Drone, Komunitas Fotografi, Komunitas 1000 Guru, admin sosial media Instanusantara Palangka Raya, Palangka Raya Clean Action, AA Tour Borneo, Guru SMAN 1 Palangka Raya, Siswa SMAN 5 Palangka Raya, Siswa SMAN 4 Palangka Raya, Mahasiswa Universitas Palangka Raya, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, wartawan Dayak TV, jurnalis Kalteng Pos, PWI Kalteng, Kalteng TV dan masyarakat penggiat wisata Kereng Bangkirai.

Sebelum berangkat ke Sungai Koran, peserta dikumpulkan di Dermaga Kereng Bangkirai untuk menyimak agenda kegiatan widya wisata yang disampaikan oleh panitia. Sekitar 12 kelotok masyarakat digunakan untuk membawa seluruh rombongan ke Sungai Koran dengan dibagi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok tersebut membawa bibit untuk ditanam di kawasan.

Sesampainya di Pos Koran setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit peserta berkumpul di gazebo untuk beristirahat sejenak sambil menikmati kudapan sekaligus menikmati udara segar hutan rawa gambut. Kepala Sub Bagian Tata Umum yang mewakili Kepala Balai TN Sebangau memberikan materi singkat terkait pengelolaan kawasan TN Sebangau. Dijelaskan bahwa TN Sebangau sebagai kawasan konservasi memiliki nilai penting baik itu hidrologi, keanekaragaman hayati dan tentu saja keunikan hutan rawa gambut serta orangutan yang menjadi daya tarik TN Sebangau. Selain materi yang disampaikan oleh Bapak KSBTU, penjelasan tentang kekayaan flora dan fauna di TN Sebangau juga disampaikan oleh fungsional PEH Balai TN Sebangau.

Acara puncak penanaman dilaksanakan di area plot permanen yang lokasinya tidak jauh dari Pos Koran. Seluruh peserta maupun panitia ikut berpartisipasi dengan menanam bibit jelutung dan belangeran yang merupakan tanaman asli kawasan. Setelah kegiatan menanam rampung peserta juga melakukan tracking ke dalam hutan dengan didampingi oleh staf TN Sebangau.  Setelah lelah beraktifitas peserta pun santap siang di atas wooden trail, diantara teduhnya pepohonan dan semilir angin suasana makan bersama terasa sangat nikmat siang itu. Berbaur dari berbagai latar belakang yang berbeda menambah keseruan obrolan dan berbagi pengalaman baru, tentunya menambah jejaring dan teman baru juga. Kegembiraan dan antusias peserta jelas terlihat, mereka sangat senang dapat mengikuti kegiatan widya wisata sekaligus penanaman pohon, bahkan mereka berharap dapat mengikuti kegiatan-kegiatan serupa di lain waktu.

Kegiatan widya wisata dan bhakti konservasi ini digelar selain melakukan penanaman pohon juga merupakan ajang pengenalan kawasan dan wisata alam. Dengan harapan jejaring sosial dan media bersama-sama dalam fokus yg sama membangun multiplayers effect dari penyelenggaraan wisata alam yg terintegrasi di Kota Palangka Raya.

(Sumber : Susana, Suyoko, Hidayat Turrahman Balai TN Sebangau)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini