Kunjungan Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru Ke TN Baluran Dan TN Bali Barat

Rabu, 13 Desember 2017

Malang, 12 Desember 2017. Pada tanggal 6 sampai dengan 10 Desember 2017, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (BBTN BTS) Melaksanakan Kegiatan kunjungan ke TN Baluran dan TN Bali Barat yang diikuti Pejabat Struktural Eselon IV, Kepala Resort dan Staf di lingkup Balai Besar TN BTS sebanyak 17 (tujuh belas) orang.  Kegiatan in bertujuan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas personal khususnya dalam hal Penilaian Mandiri Efektifitas Pengelolaan (METT) di dua Taman Nasional tersebut.

Kunjungan diawali dengan sharing  pengalaman TN Baluran mengenai kegiatan pembinaan populasi dan habitat savana, khususnya pengelolaan satwa prioritas Banteng Jawa, Macan Tutul dan pemulihan ekosistem Jenis Asing Invasif (Acasia Nilotica). Kunjungan  dilanjutkan dengan melihat serta diskusi tentang pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat di Desa Wonorejo,  dimana saat ini desa tersebut terkenal dengan icon Baluran Ecolodge. Baluran Ecolodge diprakarsai oleh akademisi, praktisi ekowisata sekaligus konsultan Wisata Alam Bapak Nurdin Razak (pernah menjadi Dosen Universitas Airlangga Surabaya). Baluran Ecolodge menawarkan konsep Suistanable dalam mengelola ekowisata yang menggabungkan wisata menjadi satu paket (touring, makanan/kuliner lokal, produk kerajinan lokal, dengan pemandu wisata/interpreter lokal). Konsep tersebut mampu mengangkat ekonomi masyarakat Desa Wonorejo sekaligus terkenal hingga mancanegara.

Kunjungan selanjutnya ke TN Bali Barat, dengan fokus kegiatan sharring  pengelolaan satwa prioritas jenis Burung Jalak Bali, Pengelolaan Wisata Alam dan Desain Sarpras wisata alam. Pengelolaan satwa prioritas Jalak Bali dilakukan dengan mengunjungi Sanctuary Jalak Bali di Tegal Bunder untuk mempelajari strategi pembinaan populasi Jalak Bali. Dalam hal Pengelolaan wisata alam Tim TNBTS mengunjungi Desa Blimbingsari dimana desa tersebut merupakan Juara Nasional sebagai Desa Wisata melalui pemberdayaan masyarakat. Konsep wisata Desa Blimbingsari dikemas dalam bentuk In Life Program sehingga waktu wisatawan berkunjung menjadi lebih lama sehingga berdampak pada nilai ekonomi lebih bagi masyarakat Blimbingsari meningkat. Konsep In Life Program di Desa Blimbingsari menggabungkan kelompok-kelompok pengelola wisata seperti kelompok homestay, kuliner, pelestari lingkungan, souvenir lokal dan hasil hutan bukan kayu menjadi satu kesatuan menarik sehingga menambah waktu kunjungan sekaligus menambah kesan menarik wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut.

Sharing pengalaman pengelolaan kawasan TN di Baluran maupun Bali Barat diharapkan mampu memberikan wawasan dan  pengalaman menarik bagi TIM TNBTS sehingga konsep keberhasilan yang sudah di terapkan oleh kedua TN tersebut mampu di Adopsi dan di Kembangkan oleh Tim di TNBTS. @HenWis

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini