Bupati Kabupaten Bima Deklarasikan Jalur Pendakian Kawinda To’I TN Tambora

Rabu, 13 Desember 2017

Tambora, 12 Desember 2017. Berbagai cara dilakukan oleh Balai Taman Nasional Tambora untuk mempercepat pembangunan dan mempromosikan potensi pada kawasan Taman Nasional Tambora. Berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu termasuk strategi utama Balai Taman Nasional Tambora agar dapat mempermudah dalam segi pengelolaan kawasan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Tambora.

Pada kesempatan kali ini bertempat di Jalur pendakian Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima secara resmi Bupati Kabupaten Bima ibu Hj. Indah Dhamayanti Putri mendeklarasikan Jalur Pendakian Kawinda To’i, yang merupakan salah satu jalur resmi dari empat jalur yang ada di Taman Nasional Tambora. Rombongan Bupati yang terdiri dari seluruh camat Kabupaten Bima, SKPD Kabupaten Bima, Polres Kabupaten Bima, DANDIM 1608 Bima, Polsek Tambora dan Masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Tambora ikut serta dalam kegiatan tersebut. Acara yang bertepatan dengan moment Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan menanam Nasional Tahun 2017 tersebut dimanfaatkan dengan acara penanaman 150 batang pohon di kawasan Taman Nasional Tambora, dengan harapan acara penanaman tersebut bukan hanya simbolis saja, namun berkelanjutan sampai dengan pohon yang ditanam akan hidup.

Pada kesampatan acara ini tersebut Kepala Balai Taman Nasional Tambora Bapak Budhy Kurniawan, S.Hut memberikan paparan rencana pengembangan Wisata Oi Marai yang berada di jalur Pendakian Kawinda To’i kepada Bupati Kabupaten Bima Ibu Hj. Indah Dhamayanti Putri dan seluruh orang yang hadir pada acara tersebut. Dengan berbagai potensi yang ada di Jalur Pendakian Kawinda To’i, salah satunya ialah air terjun Oi Marai. Bupati Bima dan seluruh rombongan juga sangat antusias untuk melihat air terjun yang berada di Oi Marai tersebut.

“Dengan adanya jalur pendakian Gunung Tambora yang ada di Kawinda To’i ini semoga banyak wisatawan yang berkunjung ke puncak Gunung Tambora melalui jalur ini dan semoga kedepan dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan dapat mempengaruhi perekonomian penduduk di lingkar Gunung Tambora, khasusnya di Kecamatan Tambora dan Kecamatan Sanggar” demikian harapan yang disampaikan Bupati Kabupaten Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri terkait acara deklarasi Jalur Pendakian Kawinda To’i.

Semoga dengan kegiatan ini pengelolaan kawasan Taman Nasional Tambora mendapat dukungan secara penuh dari pemerintah daerah.

“The Sound From Caldera”

Sumber : Balai Taman Nasional Tambora.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini