Lagi, TN. Aketajawe Lolobata Jadi Tempat Favorit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Maluku Utara

Rabu, 13 Desember 2017

Sofifi, 13 Desember 2017. Memang tidak bisa dipungkiri jika suatu kawasan konservasi memiliki banyak sekali potensi-potensi yang masih alami untuk dijadikan objek wisata, pendidikan dan penelitian maupun acara atau kegiatan lainnya. Hal itu terjadi pada kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) yang setiap tahunnya menjadi salah satu tempat favorit para komunitas pecinta alam di Maluku Utara dalam melaksanakan kegiatan lingkungan khususnya susur goa dan panjat tebing.

Sudah beberapa kali mahasiswa pecinta alam dari Universitas Khairun, Karfapala melakukan kegiatan susur goa di TNAL. Kali ini Karfapala membuat suatu kegiatan yang bertajuk “Kemah Konservasi Kars”. Kegiatan yang melibatkan seluruh mahasiswa pecinta alam di Maluku Utara ini berlokasi di Resort Binagara, dimana pada kawasan tersebut telah ditemukan lebih dari 50 goa dan hampir sebagian telah dipetakan oleh ASC (Acintyacunyata Speleological Club) dari Yogyakarta.

Malam tadi para peserta telah diberikan materi tentang pengelolaan TNAL dan potensi didalamnya oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Maba yang didampingi oleh dua anggota Polisi Kehutanan yang juga ahli dalam penyusuran goa, Mario dan Desmon. Sebanyak 43 peserta antusias dalam mendengarkan paparan tersebut. Pak Birawa, Kepala SPTN II menyampaikan bahwa TNAL saat ini  sedang mengembangkan kegiatan untuk kedaulatan rakyat, jadi setiap kegiatannya sebisa mungkin bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini