Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru Gelar Sosialisasi Cegah Karhutla

Selasa, 12 Desember 2017

Malang, 12 Desember 2017. Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan PPIKHL Jabalnusra melaksanakan kegiatan peningkatan sinergitas aparat/stakeholders sekitar TNBTS dalam mencegah Kebakaran Hutan yang di kemas dalam bentuk Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.  Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan bagi aparat di wilayah BBTNBTS dilaksanakan Tanggal 12 desember 2017 bertempat di Hotel Regent Park Kota Malang dan di hadiri 30 peserta perwakilan dari TNBTS, KPH Malang, Tahura R. Soerjo, Polsek, Koramil, Kecamatan dan Desa sekitar TNBTS. Kegiatan ini merupakan agenda ke 6 dari Balai PPIKHL Jabalnusra, bagi aparat sekitar kawasan TNBTS.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai PPI KHL Jabalnusra Ir. Anak Agung Gede Putra M.Si,  menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk : optimalisasi upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan sebagai tindak lanjut arahan presiden RI dan implementasi Perdirjen no 32 tahun 2016 tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan; mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar kawasan rawan kebakaran hutan sekaligus penyampaian Undang-undang / peraturan yang mangatur pencegahan dan kebakaran hutan dan lahan; menampung masukan sekaligus bersinergi dng isntansi terkait utk mencapai hasil efektif dan efisien dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan; menambah wawasan stakeholders tentang cegahkarhutla dan peningkatan sinergi aparat pemerintah/stakeholders.

Selanjutnya pada  kesempatan sambutan pembukaan kegiatan tersebut, Kepala Bidang Teknis BBTNBTS menyampaikan apresiasi tinggi kepada tamu undangan khususnya kepada stakeholders yang sudah berperan aktif dalam penanggulangan kebakaran hutan di TNBTS selama 3 tahun terakhir ini. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas aparat di daerah sekitar TNBTS Bserta mampu meningkatkan peran dan partisipasi  aparat dalam cegahkarhutla.

Sosialisasi diisi dengan penyampaian materi oleh 3 narasumber (2 dari PPIKHL dan 1 dari TNBTS) yaitu : Ir. Anak Agung Gede Putra M.Si (Kepala Balai PPIKHL Jabalnusra) yang menyampaikan materi "Membangun Sinergitas dalam Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan" ; Clara Rosi Irawati, S.P yang menyampaikan materi " Peran Aparat dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan" dan Novita Kusumawardani S.Hut., M.AP, M.Env dengan materi " Peranan BBTNBTS dalam Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan".

Kegiatan ini mendapat respons yang cukup positif dari peserta, terbukti dengan  banyaknya tanggapan, pertanyaan dan diskusi dari peserta yang hadir. Dengan kegiatan ini diharapkan sinergitas aparat/stakeholders sekitar kawasan TNBTS semakin meningkat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini