Peduli Bencana Kebakaran Rumah Betang Sayut, Saka Wanabakti Kapuas Hulu Galang Bantuan

Selasa, 12 Desember 2017

Putussibau, 12 Desember 2017. Kebakaran hebat kembali melanda rumah betang kali ini terjadi di Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Tergerak untuk meringankan beban korban, anggota pramuka Saka Wanabakti Kapuas Hulu dengan cepat melakukan mobilisasi penggalangan dana.

Dalam arahannya Majelis Pembimbing Pramuka Saka Wanabakti Kapuas Hulu Arief Mahmud (Kababes BBTNBKDS) mengatakan bahwa anggota Saka Wanabakti harus memiliki jiwa rela berkorban dan memiliki sifat suka menolong sebagaimana isi Dasa Darma Pramuka dan Prinsip dibentuknya Saka Wanabakti.

"Jadikan peristiwa musibah kebakaran ini untuk menjadikan kalian kelak menjadi pemimpin yang memiliki sifat rela berkorban dan suka menolong sesuai dengan prinsip dasa darma pramuka" tegasnya.

Lebih lanjut Kepala BBTNBKDS ini menyampaikan kebanggannya atas kepedulian anggota Saka Wanabakti dalam membantu para korban dengan penggalangan dana.

"Saya bangga adik-adik Saka Wanabakti mau terjun langsung ke masyarakat demi penggalangan dana ini" ucapnya.

Menutup arahannya Arief mengajak anggota saka untuk terus menciptakan program yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga bisa menjadi inspirasi bagi pelajar dan masyarakat lainnya.

Kebakaran hebat yang menimpa Rumah Betang Ulu Banua, Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu di Provinsi Kalimantan Barat terjadi pada Minggu malam (10/12/2017) menyisakan hanya 10 pintu dari 29 bilik/pintu yang ada. Rumah betang adalah bangunan tradisional berupa rumah komunal yang dihuni bersama oleh sejumlah keluarga.

Sementara itu Kaka Pembina Saka Wanabakti Mustarudin mengatakan bahwa bantuan tersebut rencananya akan diberikan pada hari Minggu 17 Desember 2017 sesaat setelah upacara peringatan ulang tahun Saka Wanabakti di halaman kantor Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum.

”Saat ini dalam sehari sudah terkumpul lebih dari 4 juta rupiah sumbangan para dermawan" ujarnya.

Mustarudin mengatakan bahwa ke depan program-program Saka Wanabakti akan difokuskan pada pengembangan karakter anggota salah satunya peduli terhadap sesama utamanya saat terjadi musibah.

Salam dari ujung batas negeri

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini