Pembinaan Desa Binaan Balai TN Gunung Merapi

Sabtu, 25 November 2017

Boyolali, 25 November 2017. Demi mewujudkan pengelolaan kolaboratif hutan konservasi bersama masyarakat sekitar kawasan, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengadakan kegiatan Pembinaan Desa Binaan yang bertempat di sekretariat Kelompok Tani hutan (KTH) Serba Usaha Merapi I Dukuh Pedhut Desa Wonodoyo Kec. Cepogo Kab. Boyolali. Kegiatan pembinaan desa binaan dengan sasaran kelompok tani hutan diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM anggota kelompok tani hutan guna mendukung usaha dan kemajuan kelompok kedepan. Dengan meningkatnya usaha kelompok diharapkan menjadi motor penggerak bagi kemajuan perekenomian di tingkat desa.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 24 - 25 November ini dilakukan pada kelompok sasaran yaitu anggota KTH Serba Usaha Merapi 1 dengan metode ceramah/penyampaian materi disertai diskusi dan Tanya jawab. Materi yang disampaikan merupakan materi-materi pilihan yang diarahkan benar-benar menjawab permasalahan dan dinamika yang terjadi di dalam kelompok tani hutan saat ini. Hari pertama terdiri dari 3 (tiga) materi yaitu Pengelolaan TNGM bersama masyarakat yang dibawakan oleh Kepala SPTN Wil. II Boyolali, Budidaya Ternak Sapi Intensif dan Ramah Lingkungan (Pemanfaatan Limbah Peternakan, Teknik Pengawetan Makanan Ternak) oleh Kepala Seksi Budidaya Ternak Dinas Peternakan Kab. Boyolali, dan Perencanaan, Pengembangan Usaha Agribisnis dan Strategi Marketing/Pemasaran oleh Wk. Ketua Bid. Ekonomi Pertanian Serikat Paguyuban Petani Qoryah Toyyibah Kab. Salatiga. Untuk materi hari ke-2 yaitu Pertanian Organik (Sistem Budidaya pertanian organik, Aplikasi Pupuk Organik, Peluang Pasar produk organik) oleh POPT dari Dinas Pertanian Kab. Boyolali, Pengembangan Usaha Kelompok Melalui Pembuatan Demplot Tanaman Sarangan, dan Pengertian dan Kebijakan Desa Binaan (Penyusunan Rencana Kegiatan Kelompok) keduanya dari TNGM.

Peserta yang hadir sejumlah 30 (tiga puluh) orang yang keseluruhannya merupakan anggota KTH Serba Usaha Merapi 1 Dukuh Pedhut Desa Wonodoyo kec. Cepogo Kab. Boyolali. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, harapannya dapat membawa manfaat bagi masyarakat dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pengembangan usaha ekonomi produktif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan TNGM serta dapat menjadi role model pemberdayaan masyarakat untuk desa penyangga yang lain.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini