“Menjalin Komunikasi Dengan Sahabat Baru TNBTS”

Kamis, 23 November 2017

Malang – 23 November 2017, Mitra Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali bertambah satu, kali ini bernama Forum Sahabat Gunung (FSG). FSG merupakan wadah baru bagi komunitas-komunitas yang peduli dan memiliki  perhatian pada pengelolaan TNBTS menuju kawasan TNBTS yang lestari dan Masyarakat sejahtera, khususnya pada sektor wisata. Pertemuan antara TNBTS dengan Forum Sahabat Gunung dilaksanakan pada tanggal 22 November 2017 bertempat di Aula Balai Besar TNBTS. Kunjungan FSG ke kantor Balai Besar TNBTS di terima langsung oleh Kepala Balai Besar TNBTS Bapak Ir. John Kenedie, MM yang didampingi para pejabat esselon 3 dan 4, sementara FSG dipimpin Bapak Sutrisno salah seorang tokoh Fasilitator Destinasi Wisata BTS sekaligus tokoh muda Desa  Wonokitri Kabupaten Pasuruan dan Miko sebagai koordinator FSG dari Desa Wonotoro Kabupaten Probolinggo dengan 11 anggotanya yang merupakan perwakilan dari Kabupaten Pasuruan, Kab Probolinggo, Kab Lumajang dan Kab Malang.

Pertemuan tersebut merupakan gayung bersambut kedua belah pihak agar program dan kebijakan yang diambil TNBTS dapat bersinergi  dengan semangat FSG dalam menjaga dan melestarikan TNBTS sekaligus mampu meningkatkan sosial ekonomi masyarakat di empat wilayah penyangga TNBTS yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Diharapkan pertemuan ini merupakan langlah awal dalam mendukung pengelolaan yang lestari dan berkelanjutan serta memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Selanjuntya TNBTS dan FSG bersepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan di Cemoro Lawang Kabupaten Pasuruan  dengan waktu yang akan ditentukan kemudia untuk membahas kegiatan-kegiatan yang lebih bersifat implementatif untuk mendukung pengelolaan TNBTS. Dukungan FSG bagi TNBTS ini diharapkan semakin memperkokoh manajemen dalam mewujudkan hutan lestari  dan masyarakat sejahtera di kawan TNBTS.

Sumber: Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini