Setelah Sungai Koran, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Kunjungi Punggualas

Selasa, 21 November 2017

Palangka Raya, Senin 20 November 2017.  Lanjutan dari kunjungan Pejabat Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Tengah ke Sungai Koran Resort Sebangau Hulu beberapa minggu lalu, pada tanggal 10 November 2017 Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Kalimantan Tengah melakukan kunjungan ke Punggualas, salah satu destinasi wisata di TN Sebangau yang masuk ke dalam wilayah kerja Resort Baun Bango SPTN Wilayah III Kasongan.

Perjalanan menuju Punggualas memakan waktu sekitar 3-4 jam dari Kota Palangka raya, melewati Kota Kasongan hingga Desa Baun Bango dapat ditempuh dengan moda transportasi darat. Sedangkan untuk menuju Punggualas ditempuh melalui jalur Sungai Katingan dengan moda transportasi air (kelotok masyarakat). Kepala Dinas Pariwisata dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah 2016, pada kunjungan kali ini didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Umum serta Kepala SPTN Wilayah III. Disampaikan oleh Kepala SPTN Wilayah III dan Kepala Resort Baun Bango, bahwa Punggualas memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain merupakan pusat riset di TN Sebangau, terdapat danau air hitam yang indah ditengah hutan Punggualas masyarakat menyebut dengan Danau Punggualas. Punggualas merupakan salah satu site monitoring orangutan, menyimpan kekayaan flora dan fauna salah satunya adalah orangutan liar. Bersama masyarakat sekitar TN Sebangau juga telah menjalin kerjasama dalam pengelolaan dan penyelenggaraan wisata alam dalam wadah kelembagaan partisipatif “simpul wisata” yang terbentuk atas inisiasi masyarakat didampingi mitra kerja dan Balai TN Sebangau sampai dengan saat ini telah berjalan efektif dan baik dalam mendukung Penyelengggaraan pariwisata alam di Punggualas TN Sebangau.

dalam kunjungan tersebut Bapak Kepala Dinas memberikan arahan, masukan dan saran dalam penyelenggaraan kegiatan wisata alam TN Sebangau. Kesamaan visi dan misi dalam pengembangan pariwisata alam harus terus dibangun bersama antara TN Sebangau dengan Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Tengah.  Balai TN Sebangau sangat mengapresiasi atas kunjungan Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Tengah, semoga kunjungan ini semakin memperat hubungan baik terutama untuk kemajuan pariwisata alam di kallimantan tengah serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Sumber Informasi : SPTN Wilayah III, Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini