Mendorong Terwujudnya Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Nibung Dan Desa Sebubus

Rabu, 15 November 2017

Paloh, 15 November 2017. 5 Taman Wisata Alam (TWA) yang berlokasi di Kec. Paloh, Kab. Sambas tidak hanya identik sebagai kawasan peruntukan wisata tapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar TWA. Pemberdayaan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan tidak bisa diabaikan begitu saja, dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, budaya serta aspek lainnya menjadikan masyarakat sekitar TWA menjadi lebih aktif dalam meningkatkan peran sertanya menjaga dan melestarikan kawasan konservasi tersebut.

Upaya pelibatan masyarakat di sekitar kawasan dalam pengelolaan TWA menjadi kunci penting dalam menjaga dan melestarikan TWA. Memberikan ruang/akses kepada masyarakat untuk memanfaatkan kawasan secara lestari dalam rangka mendukung konservasi, tidak menjadikan TWA kehilangan fungsinya.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Sebubus dan Desa Nibung, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas meliputi tiga kegiatan pokok yaitu pemberdayaan masyarakat, penataan ruang/wilayah berbasis konservasi dan pengembangan ekonomi pedesaan berbasis konservasi.

Seperti disampaikan narasumber dalam kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok, Petrus Erwin, S.Hut bahwa pemberdayaan masyarakat yang paling berprospek untuk dikembangkan di Kec. Paloh adalah wisata bahari/wisata tirta, wisata pantai, wisata hutan mangrove, pengamatan aktivitas penyu, wisata agro dan wisata sejarah. Diharapkan dengan adanya kolaborasi semua pihak dapat mendorong mewujudkan desa di Kec. Paloh sebagai Desa Wisata.

Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya, Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta, S.Hut, MT mengatakan, Balai KSDA Kalbar selaku management authority kawasan konservasi di Kalimantan Barat telah menyusun rencana pengelolaan 10 tahun kedepan bagi semua TWA di Kab. Sambas, hal tersebut membuka peluang kolaborasi pengelolaan yang berbasis masyarakat. Mewujudkan visi dan misi dalam pengelolaan TWA lebih mudah diwujudkan ketika ada komitmen semua pihak. (YS)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini