TWA Batu Gamping Dukung Peringatan Hari Bersejarah Kasultanan Yogya

Sabtu, 11 November 2017

Yogyakarta, 10 November 2017. Peringatan Hari Bersejarah Kasultanan Yogyakarta yang digelar oleh Dinas Kebudayaan DIY berlangsung di Taman Wisata Alam Batu Gamping. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan sejarah Kasultanan Yogyakarta dari saat mesanggrah nya Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I) di Gunung Gamping pada saat membangun Kraton Kasultanan Yogyakarta hingga pemberian gelar Pahlawan Nasional bagi Sultan Hamengku Buwono I pada 10 November 2006.

Acara diawali dengan kirab yang diikuti 3 bergada (pasukan) yaitu Bregada Wiromartani dari Gamping Lor, Bregada Wiramanggala dari Mejing Lor serta Bergada Pesanggran. Acara dibuka dengan sajian Tari Nawung Sekar dengan penari yang merupakan masyarakat sekitar kawasan dari Gamping Lor.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs Umar Priyono,M.Pd dengan para undangan yang berasal dari instansi terkait, muspika dan masyarakat sekitar kawasan TWA Batu Gamping.

Rangkaian kegiatan dijadwalkan berlangsung dari pukul 15.00 - 22.00 WIB, dengan menampilkan atraksi pentas berbagai kesenian dari warga sekitar TWA Batu Gamping diantaranya : Jathilan Kuda Pranesa dari Gamping Tengah, Reog dari Gamping Kidul,seni teg-teg kentongan dari Delingsari,tari Sesonderan dan tari sintren dari Guyangan,angguk dan wayang hip-hop.

Melalui dukungan terhadap kegiatan ini harapanya kawasan TWA Batu Gamping akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan Balai KSDA Yogyakarta di kawasan ini akan mendapat respon positif dan dukungan dari berbagai pihak terkait.Dengan demikian upaya untuk mewujudkan TWA Batu Gamping sebagai salah satu destinasi wisata akan semakin terbuka luas.

Sumber : Dwi Nuryandani, SP - PEH Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini