Duduk Bersama Penangkar dan Pengedar TSL Tertibkan Pemanfaatan Tumbuhan dan Satwa Liar di DIY

Kamis, 09 November 2017

Yogyakarta, 9 November 2017. Indonesia yang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati satwa dan tumbuhan yang melimpah menghadapi ancaman kepunahan apabila tumbuhan dan satwa liar (TSL) tersebut dimanfaatkan secara terus menerus tanpa adanya pengawasan dan kebijakan yang tepat. Perdangangan dan penangkaran merupakan bagian kegiatan pemanfaatan satwa liar yang juga dilaksanakan oleh masyarakat di wilayah Balai KSDA Yogyakarta.

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan TSL yang tertib, bijaksana dan berkelanjutan, bertempat di The Rich Hotel Yogyakarta, Balai KSDA Yogyakarta mengajak para penangkar dan pengedar TSL serta instansi terkait untuk duduk bersama dengan fokus penguatan koordinasi dan komunikasi para pihak terkait peredaran tumbuhan dan satwa liar di wilayah kerja Balai KSDA Yogyakarta.

Sebagai narasumber pada pertemuan ini Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Kasubdit Pemanfaatan Jenis Ditjen KSDAE, Akademisi dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Peserta yang hadir pada pertemuan ini sebanyak 72 orang berasal dari unsur instansi terkait seperti Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta, Angkasa Pura I Yogyakarta, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Lembaga Konservasi di wilayah DIY, dan Pemegang ijin penangkar dan pengedar TSL di DIY.

Dengan adanya pertemuan bersama para pihak ini, dapat menjadi media untuk menyamakan presepsi sekaligus sosialisasi peraturan terkait penangkaran dan peredaran TSL, sehingga tercapai peningkatan kepatuhan penangkar dan pengedar dalam memenuhi kewajiban dan peraturan yang berlaku. Tertibnya aktivitas pemanfaatan TSL juga berdampak terhadap peningkatan capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pemanfaatan tumbuhan dan satwa liar. Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada PT Pertamina BBM Rewulu sebagai penangkar terbaik di wilayah kerja BKSDA Yogyakarta.

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini