Ditemukan, Display Baru Bidadari Halmahera di TN. Aketajawe Lolobata

Rabu, 25 Oktober 2017

Sofifi, 25 Oktober 2017. Selama hampir satu minggu didalam kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) tepatnya di kawasan Resort Buli, SPTN Wilayah II Maba, Halmahera Timur, tim kegiatan monitoring burung Paruh Bengkok Balai TNAL bersama siswa magang dari SMK Kehutanan Manokwari tidak sengaja menemukan display baru burung Bidadari Halmahera (Semioptera wallacii) di plot monitoring.

Saat itu (22/10) tim melakukan pengamatan burung Paruh Bengkok di jalur 2 plot monitoring dan pulang kembali ke bivak sekitar pukul 17:00 WIT. Tiba-tiba ditengah-tengah jalur pengamatan, tepatnya di jalur ke 2, tim melihat sekitar 20 ekor burung endemik Maluku Utara tersebut dan berhenti untuk melakukan pengamatan tambahan. Dalam keterangannya, tim berhasil melihat 4 (empat) ekor betina.

Untuk memastikan hal tersebut, keesokan harinya pada pukul 05:30 Bapak Akuban, tenaga kontrak di Resort Buli kembali melakukan pengamatan Bidadari Halmahera ditempat yang sama. Hasilnya adalah dijumpai sekitar 11 ekor burung Bidadari Halmahera. Diwaktu yang bersamaan salah satu anggota tim monitoring juga memastikan keberadaan Bidadari Halmahera di site monitoring atau area display yang sudah ditetapkan yang jaraknya tidak jauh dari display baru dan tetap mendapati sekitar 11 ekor Bidadari Halmahera jantan. Hal ini untuk memastikan bahwa Bidadari Halmahera tidak berpindah tempat dari area display yang lama.

Pengecekan display baru juga dilakukan pada sore hari sampai menjelang malam dan tetap dijumpai sekitar 9 ekor Bidadari Halmahera jantan yang melakukan tarian dan nyanyian.

Benar saja, display baru memiliki kelerengan dan tegakan yang serupa dengan display-display Bidadari pada umumnya. Dan setelah dilakukan pengecekan beberapa kali bisa dipastikan bahwa area tersebut merupakan display Sang Bidadari. “Sepertinya itu memang display Bidadari, karena ditemukan pada jam-jam mereka bermain”, kata David, Polisi Kehutanan yang ikut kegiatan monitoring.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini