Pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Minggu, 22 Oktober 2017

Tumpang, 22 Oktober 2017. Pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017 bertempat di Kantor Seksi PTN Wilayah II Tumpang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) membentuk Kader Konservasi Tingkat Pemula berjumlah 20 orang yang berasal dari masyarakat sekitar Resort PTN Coban Trisula sebanyak 8 orang, dari Resort PTN Patok Picis 6 orang dan Resort PTN Taman Satriyan 6 orang.

Pembentukan Kader Konservasi tersebut di buka oleh Kepala Bidang PTN Wilayah I Pasuruan Bapak Murdiono, SH yang mewakili Kepala Balai Besar TNBTS Ir. John Kenedie, MM. Dalam kesempatan amanat Kepala Balai pada sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Bidang PTN I Pasuruan, menyampaikan bahwa Kader Konservasi mempunyai peranan penting dalam membantu penyebarluasan informasi dan program TNBTS misalnya dalam hal : membantu pengamanan kawasan TNBTS , Rehabilitasi kawasan TNBTS, Kampanye sadar sampah dan program lainnya baik yang ditujukan bagi pengelolaan kawasan TNBTS itu sendiri maupun dalam hal peningkatan kesadaran dan mutu kehidupan masyarakat sekitar kawasan TNBTS. 

Pembentukan kader konservasi dipandu langsung oleh Kepala Seksi PTN Wilayah II Tumpang Tatag Hari Rudhata SH dan diisi dengan materi-materi yang disampaikan oleh Petugas TNBTS seperti dari Kepala Resort Patok Picis (Djoko Puruito Riyadi), Fungsional PEH ( Elham Purnomo S.Hut, Fungsional Polhut (Merbety Sitompul S.Hut dan RM Agus Setya Basuki SH.MH) dan dari Fungsional Penyuluh Kehutanan (Siti Maya A.Md). Penyampaian materi oleh petugas TNBTS ini diharapkan mampu menterjemahkan materi-materi kepada masyarakat sesuai dengan bidang dan pengalaman masing-masing dilapangan sehingga diharapkan dapat lebih mudah di fahami oleh masyarakat peserta pembentukan kader konservasi tersebut.

Di tahun 2017 ini TNBTS akan membentuk kader konservasi di tiap-tiap Seksi PTN yang ada di TNBTS masing-masing 20 orang. Diharapkan dengan terbentuknya kader konservasi ini akan semakin meningkatkan peran masyarakat dalam pelestarian kawasan TNTBTS untuk menunjang Pembangunan Kehutanan dan peningkatan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan TNBTS.

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini