Penanganan Sampah Plastik, TN Bali Barat Clean Up Pulau Menjangan

Minggu, 22 Oktober 2017

Labuan Lalang, 21 Oktober 2017. Di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sampah merupakan salah satu masalah dalam pengelolaan wisata di Pulau Menjangan. Sumber sampah berasal dari berbagai aktivitas di perairan Selat Bali, seperti penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, sampah rumah tangga, sampah pengunjung, dan lain-lain. Sampah tersebut terbawa arus laut dan mengotori pantai Pulau Menjangan. Balai TNBB bersama para pihak telah melakukan berbagai upaya penanganan sampah di Pulau Menjangan, antara lain: kampanye penyadaran, sosialisasi dan himbauan, penyediaan tempat sampah, dan aksi bersih (clean up). Seperti yang dilakukan petugas Resort Pulau Menjangan hari ini, bersama dengan lima orang masyarakat telah melaksanakan kegiatan clean up.

Tim clean up memungut sampah di sepanjang garis pantai Pulau Menjangan dengan membawa karung dan pengait. Sampah dikumpulkan dan dipilah berdasarkan jenisnya (botol minuman, karet/sandal, kemasan plastik), kemudian masing masing jenis ditimbang. Petugas Resort Pulau Menjangan, Putu Ary, melaporkan bahwa hari ini telah terkumpul sampah sebanyak 160 Kg, dengan rincian berupa botol minuman 4 Kg, karet (sandal) 44 Kg dan kemasan plastik 112 Kg.

Sementara itu, Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang, Hendra Gunawan, menyatakan sampai dengan September 2017, kegiatan clean up di Pulau Menjangan telah dilakukan sebanyak 34 kali dengan total sampah yang diambil sekitar 6,5 ton. Sampah yang telah dikumpulkan tersebut, kemudian dibawa ke luar pulau untuk dipilah, sisanya yang tidak bisa dimanfaatkan dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Sumber : Balai TN Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini