MMP Nau Monte BBKSDA Papua Lakukan Pembersihan Dermaga Youtefa

Sabtu, 21 Oktober 2017

Jayapura, 20 Oktober 2017. Kegiatan pembersihan dermaga youtefa dalam rangka cinta lingkungan. Dermaga ini terletak di sekitar kawasan TWA Youtefa, yang pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2017 kelompok MMP Nau Monte selenggarakan kegiatan bersih-bersih pantai dan dermaga.

MMP dan pendamping antusias dalam kegiatan pembersihan tersebut, nampak pada perubahan yang jelas pada kawasan dermaga youtefa, awalnya lokasi di daerah dataran maupun di daerah perairan tersebut penuh dengan sampah botol plastik maupun kaca dan sampah lainnya. Khusus di areal yang ditumbuhi tanaman mangrove, banyak sampah tersangkut di bagian akar tanaman, hal ini menyebabkan ikan atau kepiting serta biota lainnya tidak dapat menempati akar mangrove sebagai rumah mereka, kerugian yang lain adalah pendangkalan disebabkan arah angin dan kondisi pasang surut di daerah perairan dermaga youtefa, selain sampah air pasang juga mengangkut material seperti pasir yang akhirnya menumpuk di bagian hilir yaitu dekat dengan dermaga sehingga mengeluarkan aroma kurang sedap dan materialnya pun berwarna hitam pekat.

?Kegiatan bersama dengan MMP Nau Monte di dermaga Youtefa menjadi bagian penting dalam pengelolaan kawasan konservasi karena TWA Youtefa merupakan kawasan wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sumber : Kurnianingsih - Polhut & Pendamping MMP Nau Monte Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini