Tingkatkan Skil, Polhut TN Matalawa Latihan Menembak

Kamis, 12 Oktober 2017

Waingapu, 11 Oktober 2017. Polisi Kehutanan atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Polhut merupakan pejabat fungsional dalam lingkungan instansi Kehutanan Pusat maupun daerah yang sesuai dengan sifat pekerjaannya, menyelenggarakan dan/atau melaksanakan perlindungan hutan yang oleh kuasa undang-undang diberikan wewenang kepolisian khusus di bidang kehutanan dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya (P.75/Menhut-II/2014).

Keberadaan Polhut sebagai ujung tombak upaya perlindungan dan pengamanan kawasan hutan menjadi sangat vital mengingat tekanan terhadap kawasan hutan di Indonesia terus meningkat mengikuti perkembangan zaman, seperti yang disampaikan Kepala Balai TN Matalawa (Maman Surahman, S.Hut.,M.Si) dalam sambutannya pada kegiatan Penyegaran Polisi Kehutanan TN Matalawa. Selain itu, beliau mengingatkan bahwa Pejabat Fungsional Polhut dituntut harus mampu menguasai wilayah kerjanya dan mengetahui potensi dari kawasan hutan TN Matalawa. Serta lebih jauh Polhut TN Matalwa diharapkan dapat memahami isu-isu strategis yang berkembang saat ini, sehingga paradigma pengelolaan kawasan hutan konservasi saat ini dapat diimplementasikan ditingkat tapak. 

Bertempat di Waikabubak (Sumba Barat), TN Matalawa melaksanakan kegiatan Penyegaran Polhut dan Latihan menembak bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini dibagi dalam 2 (dua) Sesi, Pemaparan Materi oleh Bripka Teddy J. Imron (Polda NTT) dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ex. Kantor Balai TN Manupeu Tanahdaru. Sedangkan sesi latihan menembak dilaksanakan di Lapangan Labere – Sumba Barat, dengan dipandu Instruktur dari Polres Sumba Barat.    

Secara keseluruhan kegiatan Penyegaran Polhut dan Latihan Menembak dilaksanakan selama 1 (satu) hari, pada tanggal 11 Oktober 2017 dan diikuti oleh 25 anggota Polhut yang berasal dari 20 Personil Polhut TN Matalawa, 1 (satu) Personil Polhut KPH Sumba Tengah, 1 (satu) Personil Polhut KPH Sumba Barat, 3 (tiga) Personil Polhut KPH Sumba Barat Daya, serta unsur pejabat struktural TN Matalawa 3 (tiga) orang. Dalam pelaksanaan latihan menembak senjata yang digunakan adalah menggunakan 5 pucuk  senjata api jenis PM1A1 dan 1 pucuk CZKA, dengan pengawasan instruktur yang berasal dari Polres Sumba Barat.

Melalui kegiatan Peningkatan kapasitas SDM diharapkan kemampuan pejabat fungsional Polhut khususnya lingkup TN Matalawa dapat meningkat dan soliditas antar Polhut TN Matalawa dapat terus terjaga.

Sumber : TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini