Balai TN Rinjani Capai Kesepakatan Dengan Forum Masyarakat Pelindung Rinjani-NTB

Rabu, 11 Oktober 2017

Mataram (10 Oktober 2017) Balai TN Rinjani mengadakan pertemuan kedua dengan beberapa komunitas pecinta lingkungan yang tergabung dalam Forum Masyarakat Pelindung Rinjani-NTB(MPR-NTB). Pertemuan dimulai pada pukul 14.00 WITA di Sembalun. Dalam pertemuan tersebut dihadiri beberapa pegiat lingkungan dan tokoh masyarakat seperti KPLH Sembapala dan Sabda Alam Sembalun yang termasuk komunitas pemerhati lingkungan, Kader Konservasi Rinjani yang merupakan komunitas pelaku konservasi lingkungan, Forum Guide dan Porter Rinjani (komunitas pemandu wisata), Sasak Backpacker (komunitas pelaku wisata), Rinjani Care, RMET, Bale Petualang, H.Hizazi Noor dan STUK yang termasuk pelaku wisata, SPA (sahabat pecinta alam), H. Bayu dan Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah II BTNGR.
Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa poin kesepakatan yang pertama, Mengukuhkan wadah silaturahmi dari semua Komunitas yang ada di NTB dengan nama Masyarakat Pelindung Rinjani (MPR-NTB). Kedua, Menolak dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ada di kawasan TNGR yang tertuang dalam isi surat pernyataan sikap. ketiga, Penandatanganan Surat pernyataan sikap oleh perwakilan komunitas yang hadir. Dan yang keempat, MPR-NTB siap bermitra dengan BTNGR terkait Rinjani.
Pertemuan ini juga menegaskan kembali bahwa menolak dengan tegas pengklaiman, perambahan kawasan TNGR dengan alasan apapun oleh sekelompok masyarakat Jurang Koak Desa Bebidas Wanasaba, menolak dengan tegas kegiatan ojek dijalur pendakian Rinjani dengan memberikan alternatif solusi dan Terkait permasalahan sampah, serta mendorong segera adanya regulasi tentang deposit sampah Rinjani.

Sumber: BTN Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini