BKSDA Bengkulu Asuransikan Pengunjung Taman Wisata Alam

Kamis, 05 Oktober 2017

Bengkulu, 5 Oktober 2017. Balai KSDA Bengkulu tandatangani kesepakatan Kerjasama peningkatan pelayanan pengunjung taman wisata alam dengan PT. Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha pada kamis (5/10/2017). Tujuan perjanjian kerjasama ini memberikan perlindungan asuransi kepada pengunjung dan pengembangan pengelolaan wisata alam di Taman Wisata Alam Pantai Panjang Pulau Baai, Taman Wisata Alam Bukit Kaba, dan Taman Wisata Alam Seblat, Provinsi Bengkulu.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh Kepala Balai KSDA Bengkulu, Ir Abu Bakar dan Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha, Dr. Ir. Salim Al Bakry, MBA, MM, AAJI. Turut hadir dalam penandatanganan adalah Kepala Subbagian TU Balai KSDA Bengkulu, M. Mahfud, S.Hut., M.Sc. Selain itu, acara juga dihadiri oleh para petugas pengelola wisata alam lingkup Balai KSDA Bengkulu.

Optimalisasi pengelolaan wisata pada taman wisata alam merupakan salah satu program prioritas Balai KSDA Bengkulu. Hal ini sejalan dengan program prioritas nasional dalam pengembangan pariwisata. Harapannya, sektor pariwisata akan menjadi alat ungkit pengembangan ekonomi suatu kawasan tertentu. Dari perspektif konservasi sumber daya alam, pengembangan wisata alam pada kawasan konservasi diharapkan dapat juga menjadi solusi atau jalan tengah dari diskursus kepentingan ekonomi dan kelestarian lingkungan. Perpanduan antara upaya pemenuhunan kebutuhan ekonomi dan ekologi seakan bersatu dalam konsep wisata yang berbasis ekologi (ekowisata).

Oleh karena itu, Balai KSDA Bengkulu menjadikan program ekowisata TWA Bukit Kaba berbasis masyarakat di Desa Sumber Urip, Kabupaten Rejang Lebong sebagai salah satu program role model  pada tahun 2018. Harapannya, proses pengembangan wisata di TWA Bukit Kaba dapat dijadikan percontohan dari pengembangan wisata pada taman-taman wisata lain. Salah satu aksi nyata dari program role model ini adalah menggandeng perusahaan asuransi guna memastikan perlindungan jiwa bagi para pengunjung TWA Bukit Kaba.

Sumber: Balai KSDA Bengkulu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini