Selalu Libatkan Masyarakat, Balai TN Manusela Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat

Rabu, 04 Oktober 2017

Masohi, 4 Oktober 2017. Sosialisasi Peraturan Bidang KSDAE lingkup Balai TN Manusela dilakukan pada tanggal 23 – 26 September 2016 yang bertempat di Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Wahai. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Manusela yaitu Masyarakat Desa Air Besar dan Masyarakat Desa Pasahari. Acara diisi dengan penyampaian materi berupa pemaparan Peraturan Dirjen KSDAE Nomor : P.12/KSDAE-Set/2015 tentang Pedoman Tata Cara Penanaman dan Pengkayaan Jenis Dalam Rangka Pemulihan Ekosistem Daratan Pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama masyarakat.

Selain itu, Balai TN Manusela juga membuat Pembentukan Kelompok Tani bertempat di Kantor Resort Sasarata Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Wahai. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang akan dibentuk sebagai anggota Kelompok Tani. Pelaksanaan Kegiatan Pemulihan Ekosistem mulai dari pembibitan, penanaman dan pemeliharaan akan melibatkan mitra yaitu masyarakat sekitar kawasan yang terbentuk melalui Kelompok Tani. Peningkatan Kapasitas Masyarakat ini dilakukan pada tanggal 30 September – 3 Oktober 2017.

Kegiatan diikuti oleh anggota masyarakat Kelompok Tani melalui pemberian materi Teknik Membangun Persemaian, Teknik Pembibitan, Teknik Persiapan Lahan Tanam, Teknik Penanaman serta Teknik Pemeliharaan dan Perlindungan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan melakukan praktik membuat lubang tanam dan cara menanam sesuai dengan materi yang telah diberikan oleh peserta. Pada akhir kegiatan, dilakukan penanaman bibit Durian oleh Kepala Balai Taman Nasional Manusela. Output dari kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat yaitu anggota Kelompok Tani dapat melaksanakan seluruh proses kegiatan Pemulihan Ekosistem sehingga kegiatan Pemulihan Ekosistem dapat terlaksana dengan baik.

Sumber : Balai TN Manusela

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini