Kami Siap Turut Serta Melestarikan TN Bukit Duabelas

Rabu, 04 Oktober 2017

Sarolangun, 4 Oktober 2017. Tim Balai TN Bukit Duabelas yang terdiri dari Bapak Iyan Sofyan, Ibu Hesti Widiati dan Nova Tampubolon bergerak dari Balai Taman Nasional Bukit Duabelas di Sarolangun menuju ke Desa Jernih dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Tim lainnya yang terdiri dari Bapak Peri Hermansyah, Achdiyat dan Ibu Hesti Sihaloho juga melakukan perjalanan menuju Desa Bukit Suban dari Kantor Balai Taman Nasional Bukit Duabelas di Sarolangun dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam 30 menit.

Perjalanan tersebut dilaksanakan dengan tujuan mengantarkan satu unit mesin hand trucktor bagi Kelompok Tani Tanah Cempedak yang berada di Desa Jernih dan Kelompok Tani Dwi Jaya yang berada di Desa Bukit Suban. Kegaitan ini sebagai pemberian bantuan ekonomi kepada masyarakat Kelompok Tani Tanah Cempedak di Desa Jernih dan Kelompok Tani Dwi Jaya di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun

Mesin hand trucktor yang diberikan bernama dagang ‘Quick Impala Kubota, Seri RD65DI-2S’. Mesin tersebut dipesan oleh pihak Balai Taman Nasional Bukit Duabelas dari Kota Jambi dan sampai di Sarolangun pada hari Selasa, 3 Oktober 2017 pada pukul 19.00 WIB.

Mesin hand trucktor tersebut diterima oleh Bapak Masturi, Ketua Kelompok Tani Tanah Cempedak dan beberapa anggota kelompok tani, serta dari Kelompok Tani Dwi Jaya yang menerima adalah Bapak Muji Rahadjo selaku Ketua Kelompok Tani, Bapak Mujito selaku Kepala Desa Bukit Suban dan seorang anggota kelompok tani. Mesin hand trucktor tersebut terlebih dahulu diujicobakan secara langsung oleh Ketua Kelompok Tani segera setelah mesin tersebut diturunkan dari mobil dan hasil dari uji coba mesin, Ketua Kelompok Tani menyatakan bahwa mesin yang diterima benar dalam keadaan baik.

Pihak Balai Taman Nasional Bukit Duabelas yang mengantarkan mesin tersebut kemudian memberikan pesan-pesan bagi perwakilan kelompok tani, bahwa mereka harus mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk turut serta berupaya menjaga kelestarian kawasan hutan Taman Nasional Bukit Duabelas, selain itu, sebaiknya juga dapat menyampaikan pesan-pesan konservasi bagi anggota masyarakat lainnya. Komitmen kemudian diperoleh dari pernyataan Ketua kelompok Tani bahwa mereka tentunya akan memberikan perhatian bagi keutuhan kawasan hutan Taman Nasional Bukit Duabelas, karena mereka juga menyadari pentingnya keberadaan hutan di tengah-tengah kehidupan masyarakat desa sebagai penyedia manfaat jasa lingkungan.

Pesan lainnya yang disampaikan oleh pihak Balai Taman Nasional Bukit Duabelas adalah bahwa Kelompok Tani harus benar-benar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan, karena ‘Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari’.

Sumber : Nova Y B Tampubolon, S. Hut - Penyuluh Kehutanan Pertama Balai TN Bukit Duabelas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini