Pemeliharan Hasil Transplantasi Karang dan Pembersihan Spot Dive TN Kepulauan Togean

Kamis, 05 Oktober 2017

Ampana, 05 Oktober 2017. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) laksanakan kegiatan “Pemeliharan Hasil Transplantasi karang dan Pembersihan Spot Divepada  tanggal 25 September 2017 s/d 5 Oktober 2017 di SPTN Wilayah I Wakai dan SPTN Wilayah III Popolii. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya, yaitu transplantasi karang di kawasan TNKT.

Lokus kegiatan Pemeliharaan Hasil Transplantasi Karang, yaitu Reef Desa Kulingkinari, Desa Siatu, Desa Pangempa dan Reef Lumpatan Desa Popolii, sedangkan Lokus Kegiatan Pembersihan Spot Dive antara lain Reef Lumpatan Desa Popolii, Reef 1, Reef 2, Reef 4 dan Reef 5 tepatnya di depan Desa katupat hingga Desa Malenge.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membersihkan polip karang dari sedimen yang melekat, menghilangkan alga yang menempel pada karang ataupun pada media, memperbaiki tata letak karang yang ikatannya kurang melekat pada media serta melakukan pergantian (menyulam) pada bibit yang telah mati dan juga membersihkan lokus dari limbah domestik berupa sampah plastik, kayu, kaleng dan lain sebagainya.

Kegiatan dilaksanakan oleh Balai TNKT bekerjasama dengan masyarakat. Jumlah Media yang menjadi target pemeliharaan tim adalah 210 media yang tersebar di beberapa Titik di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.  Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan kondisi terumbu karang yang telah rusak dan memperluas tutupan karang di kawasan TNKT.

Sumber : Balai TN Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini