TN Matalawa Berikan Pembekalan Singkat Prakerin Bagi Siswa Siswi SMK Kehutanan

Selasa, 03 Oktober 2017

Waingapu, 3 Oktober 2017. Taman Nasional Matalawa menerima undangan dari Kepala SMK Kehutanan Mawadona untuk memberikan pembekalan kepada anak didik SMK Kehutanan Mawodana dan SMK kehutanan Solmin Laura  Kabupaten Sumba Barat Daya. Pembekalan diberikan kepada calon peserta Praktek Kerja Industri/Lapangan (PKL) dari kedua Sekolah Kejuruan tersebut dengan jumlah peserta 18 siswa. Kegiatan tersebut dihadiri guru dan siswa dan juga komite sekolah, dengan lokasi pelaksanaan dipusatkan di SMK Kehutanan Mawodana.

Kegiatan pembekalan tersebut dihadiri oleh kepala SPTN Wilayah I Waibakul TN Matalawa (Abdul Basit Nasriyanto) dan Saudara Eka Yanuar pribadi (PEH  Muda TN Matalawa) mewakili Kepala Balai TN Matalawa yang berhalangan hadir. Pada kesempatan tersebut Kepala SPTN Wilayah I Waibakul memberikan arahan terkait kegiatan PKL, dan juga memberikan motivasi kepada para siswa/i SMK Kehutanan. Beliau mengapresiasi semangat belajar para siswa meski dalam kondisi bangunan dan sarana sekolah yg terbatas tetapi hal ini tidak menjadi kendala bagi para siswa/i. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa sektor kehutanan memiliki lapangan kerja yang cukup luas dan membutuhkan tenaga ahli dibidangnya, diharapkan para siswa/i SMK Mawodana dan SMK Solmin Laura dapat melihat peluang tersebut dan memotivasi diri untuk terus maju.

Kegiatan Prakerin/PKL kedua SMK Kehutanan ini direncanakan akan dilaksanakan pada  6 oktober s.d. 30 Desember 2017. Karena konsentrasinya dibidang budidaya hutan, nantinya peserta akan disebar di pos-pos jaga dan resort diwilayah SPTN I Waibakul untuk mempelajari tentang pembibitan, persemaian,  pemulihan ekosistem, perlindungan dan pengamanan, pengelolaan satwa liar, pemberdayaan masyarakat dan  serta kegiatan pengelolaan wisata dan ekowisata. Diakhir kegiatan Kepala sekolah SMK Kehutanan Mawodana mengucapkan terimakasih atas kedatangan serta kesediaan Taman Nasional Matalawa menerima anak didiknya untuk dapat Prakerin/PKL di Instansi yang bergerak dibidang kehutanan tersebut. Semoga ilmu yang diperoleh selama proses prakerin/PKL dapat bermanfaat bagi siswa/i SMKK Mawodana dan SMKK Solmin Loura yang ikut pada kegiatan tersebut.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini