Barikan Kubro 2017, Karimunjawa Menanam

Rabu, 04 Oktober 2017

Karimun Jawa – 3 Oktober 2017, Balai Taman Nasional Karimun Jawa bersama Panitia Barikan Kecamatan Karimun Jawa menyelenggarakan kegiatan Barikan Kubro 2017, salah satu dari kegiatan ini yaitu menanam bakau dimana acara ini merupakan lanjutan kegiatan Barikan Kubro tahun 2016. Barikan bagi masyarakat Karimunjawa merupakan prosesi wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Barikan juga dapat diartikan sebagai acara “Tolak Bala”.

Rangkaian kegiatan ini dilakukan di Dukuh Nyamplungan Karimunjawa, yang merupakan bekas perambahan kawasan Zona Rimba Taman Nasional Karimunjawa, tepatnya di sekitar Pal TN 3. Kegiatan ini melibatkan 38 orang dari beberapa kelompok yaitu Siswa SMP dan SMK Karimunjawa, penggiat wisata, masyarakat, dua wisatawan mancanegara dan pendamping dari panitia Barikan 2017 dan TN Karimunjawa. Balai Taman Nasional Karimunjawa telah menyiapkan 300 bibit bakau dari jenis Rhizophora stylosa untuk ditanam dalam kegiatan tersebut. Selain itu Balai TN Karimunjawa juga memberikan materi sekilas mengenai hutan mangrove dan teknis penanaman.

Kepala Resort Legon Lele SPTN Wilayah II Karimunjawa dalam pendampingannya mengajak generasi muda dan kelompok masyarakat untuk bersyukur kepada Alloh atas nikmat yang diberikan pada Karimunjawa, yaitu kekayaan hayati berupa lima ekosistem. Kepala Resort mengajak untuk selalu peduli terhadap ekosistem tersebut, hutan tropis dataran rendah, mangrove, hutan pantai, padang lamun dan terumbu karang. Pesan untuk generasi muda agar terus menerus peduli lingkungan dan menularkan pesan konservasi kepada masyarakat lainnya sesuai dengan tema Barikan Kubro 2017 “Budaya Pemersatu Bangsa”. Kegiatan ini didukung oleh Taman Nasional Karimunjawa dengan kegiatan Festival Barikan Karimunjawa tahun 2017.

Sumber: BTN Karimun Jawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Puthucamat
KarimunjawaKU "LESTARI"