MMP Moy BBKSDA Papua Cegah Gangguan Kawasan CA Peg. Cycloop

Selasa, 03 Oktober 2017

Jayapura, 3 Oktober 2017. MMP Moy beserta tim BBKSDA Papua termasuk Tenaga Bakti Rimbawan pada tanggal 19 sd 23 September 2017 melakukan kegiatan Patroli pengamanan hutan di CA Peg. Cycloop dengan tujuan untuk mencegah dan membatasi adanya gangguan terhadap kawasan.  Kegiatan ini dilakukan di Kampung Maribu, Kampung Dosay dan Kampung Sabron Sari Distrik Sentani Barat.

Beberapa aktivitas masyarakat yang merupakan gangguan terhadap kawasan masih ditemui seperti perambahan liar, perburuan satwa liar maupun anggrek.  Seperti pada Kampung Sabron Sari yang didiami oleh masyrakat transmigrasi sejak sudah ada sejak tahun 1972 sehingga perambahan paling banyak dijumpai karena tingkat ketergantungan terhadap alam cukup tinggi. Tim senantiasa melakukan penyuluhan, himbauan agar senantiasa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kawasan agar selalu dijaga dan dilindungi agar tetap lestari.

Meminimalisirkan terhadap gangguan terhadap kawasan maka secara partisipatif tim membuat dan memasang papan-papan informasi ditempat yang menjadi ativitas masyarakat seperti di akses jalan masuk kawasan, kebun masyarakat yang aktif maupun tidak, pinggiran kali, serta papan himbauan tentang pembuangan sampah. Pada areal kritis dan sepanjang pinggiran sungai tim juga menanam pohon seperti Sagu, Pinang, Kelapa dan Matoa.

Sumber Info : Purnama, Ferdinand S. Manobi (Polhut BBKSDA Papua/Pendamping MMP Moy)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini