Uji Coba Identifikasi Kompetensi Jabatan PEH Di Papua

Minggu, 01 Oktober 2017

Jayapura, 1 Oktober 2017. Pelaksanaan uji coba identifikasi kompetensi jabatan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk wilayah Provinsi Papua dilaksanakan di Jayapura oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) pada tanggal 28 September 2017. Adapun peserta yang ikut dalam uji coba ini berasal dari UPT Kementerian LHK di Provinsi Papua yaitu Balai Besar KSDA Papua, BPHP Wilayah XV Jayapura, BPKH WIl. X Jayapura, BPDAS HL Memberamo, Balai TN. Lorentz dan Balai TN. Wasur.

Pelaksanaan uji coba yang dilakukan berupa aplikasi online untuk mengidentifikasi kompetensi jabatan PEH khususnya kompetensi teknis dengan menjawab soal-soal yang disusun oleh tenaga ahli berdasarkan Peraturan Menteri LHK nomor P. 67 tahun 2016. Adapun tujuan uji coba tersebut adalah memetakan secara aktual kompetensi jabatan fungsional PEH untuk rekomendasi pengembangan sesuai kebutuhan. Standar kompetensi PEH meliputi kompetensi manajerial dan kompetensi teknis. Mengacu pada Permen LHK on. P.67 tahun 2016, diketahui bahwa uji kompetensi teknis dilakukan dengan cara PEH menjawab soal-soal, verifikasi portofolio, wawancara observasi dan praktek yang diuji oleh asesor.

Pelaksanaan uji kompetensi teknis berbasis aplikasi online memberi gambaran bahwa respon BPPSDM terhadap kemajuan teknologi sangat adaptif sehingga cukup efektif dan efisien di dalam pelaksanaannya ke depan sehingga dapat menghemat waktu pelaksanaan, di mana PEH dapat menjawab soal-soal kompetensi teknis lebih awal menggantikan tes tertulis sebelum dilakukan verifikasi portofolio, wawancara, observasi dan praktek oleh asesor.

Sumber Informasi: Danial Idris - PEH BBKSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini