Resort Camba Bentuk Kelompok Ekowisata Karst Leang Pute

Minggu, 01 Oktober 2017

Bantimurung, 1 Oktober 2017. Beberapa minggu lalu telah dicetus Kelompok Pengelola Ekowisata Karst Leang Pute yang bertempat di Dusun Pattiro Desa Labuaja Kab. Maros pada 16 September 2017.

Pada kegiatan tersebut dihadiri segenap personil Resort Camba, kelompok kerja Pelayanan Balai Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung, Kepala Desa Labuaja, serta masyarakat dusun Pattiro yang merupakan calon anggota kelompok pengelola ekowisata ini.

Balai TN Bantimurung Bulusaraung bersama dengan pemerintah kabupaten Maros melaui pemerintah desa setempat memprakarsai sekaligus memfasilitasi pembentukan kelompok Pengelola Ekowisata Karst Leang Pute.

Kepala Resort Camba berharap masyarakat turut andil berperan dalam pengelolaan taman nasional ini. Peran mayarakat ini dapat diwujudkan melalui pengembangan ekowisata yang dimiliki di desa Labuaja. “Leang Pute adalah adalah aset yang tak ternilai. Gua vertikal ini sudah terkenal sebagai gua terdalam di Indonesia. Tinggal sekarang bagaimana kita mengelola dan memasarkannya” ujar Zainal Arifin, Kepala Resort Camba.

Pemerintah setempat melalui Ibu Kepala Desa Labuaja menyampaikan dukungan akan rencana pembentukan kelompok pengelola ekowisata karst Leang Pute ini. “Kami siap mendukung kelompok ekowisata ini. perlu kami tambahkan bahwa masyarakat desa juga berkeinginan untuk mengembangkan puncak Bulu Tombolo sebagai destinasi wisata baru di Maros. Saya kira ke depan kedua destinasi ini bisa dipadupadankan” kata Nurbaeti Lanti, Kepala Desa Labuaja.

Masyarakat Pattiro terutama kalangan muda sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini. Melalui serangkaian diskusi dan pembahasan maka disepakati pengurus inti kelompok pengelola ekowisata Karst Leang Pute dengan menunjuk Andas selaku ketua, M. Taufiq Hidayat sebagai sekertaris, dan Nur Aini sebagai bendahara. Masih dibutuhkan serangkaian pertemuan lagi sebelum kelompok baru ini siap dikukuhkan.

Sumber: Mansur dan Boy Ronnald – Staf Balai TN Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini