Aksi Kolaboratif Balai TN Wakatobi Dengan Penandatanganan PKS

Rabu, 27 September 2017

Jakarta, 27 September 2017.  Penandatanganan  Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Balai Taman Nasional Wakatobi dengan Forum nelayan Padakauwang Sama, Desa-desa Mola dan Forum Posa’asa, Desa-desa Liya Kecamata Wangi-wangi Selatan Kab. Wakatobi disaksikan oleh Bapak Direktur Jenderal KSDAE dan Setditjen KSDAE serta seluruh peserta rakornis KSDAE 2017.

Penguatan fungsi Kawasan Pelestarian Alam (KPA) melalui pengelolaan spesies ikan tidak dilindungi dan pemberdayaan penguatan kelembagaan kelompok masyarakat yang tergabung dalam forum Nelayan Padakauwang Sama dan Forum Nelayan Posa’asa sebagai Mitra sebagai dasar dari PKS tersebut.

Ruang lingkup perjanjian kerjasama ini meliputi penguatan fungsi kawasan pelestarian alam sebagai system penyangga kehidupan, pemanfaatan perikanan serta konservasi keanekaragaman hayati melalui pemberian akses pengelolaan spesies ikan yang tidak dilindungi di areal yang dikerjasamakan, pemberdayaan dan pendampingan kelompok masyarakat serta mengaktifkan forum nelayan padakauwang sama dan forum nelayan posa’asa termasuk pelaksanaan pengelolaan, pemantauan dan pengamanan.

Areal kegiatan yang dikerjasamakan berada di perairan karang Kapota dan perairan pulau Sumanga di dalam zona pemanfaatan lokal dengan luas areal di karang Kapota seluas 9.292 Ha dan perairan pulau Sumanga seluas 720 Ha.

Adapun kewajiban mitra pada perjanjian kerjasama ini yaitu berperan aktif mendukung Taman Nasional Wakatobi dalam pelaksanaan kegiatan, menjaga dan melindungi kelestarian kawasan, memberikan data, informasi dan laporan terkait pelaksanaan kerjasama, bersama TN Wakatobi melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan serta melakukan pemantauan dan melaporkan kegiatan penangkapan ikan yang melanggar dan/atau melanggar perjanjian kemitraan ini. Dan mitra berhak mendapatkan arahan teknis dari Taman Nasional Wakatobi mengenai pelaksanaan pemberian akses area perikanan.

Sumber : Balai TN Wakatobi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini