Menyambut Bidadari Bersama Siswa SMK Kehutanan Manokwari di TN. Aketajwe Lolobata

Jumat, 22 September 2017

Sofifi, 22 September 2017. Kegiatan rutin monitoring burung Bidadari Halmahera yang merupakan flagship species Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) kali ini berbeda dengan kegiatan rutin sebelumnya. Kali ini kegiatan monitoring di Resort Binagara, desa Ake Jawi tersebut melibatkan siswa praktek dari SMK Kehutanan Manokwari.

Selama kurang lebih 5 (lima) hari dilapangan, akhirnya pada tanggal 21 September 2017 seluruh tim kembali dengan membawa hasil yang memuaskan. Burung Bidadari Halmahera yang dijumpai pada area site monitoring tercatat sebanyak 8 ekor. Memang jumlah perjumpaan berbeda-beda pada setiap monitoringnya. Pada bulan-bulan tertentu jumlah burung yang memiliki nama latin Semioptera wallacii ini bisa lebih dari 10 ekor bahkan menurut wisatawan yang pernah diwawancarai didapatkan jumlah sekitar 20-an ekor.

“Torang sudah liat sendiri Burung Bidadarinya Pak”, tutur salah satu siswa PKL dengan penuh semangat.

Selain burung Bidadari, jenis cendrawasih lainnya yang dijumpai adalah burung Cenderawasih Gagak atau Lycocorax pyrrhopterus. Yang pada saat dijumpai sedang bersarang dan mengerami telurnya. Tinggi sarang Gagak tersebut sekitar 6 meter dengan memakai anggrek sebagai kamuflasenya. Tim juga berjumpa dengan berbagai jenis burung lainnya didalam kawasan TNAL.

“Cenderawasi Gagak betina mengeram, sedangkan Gagak jantannya menjaga area sekitar sarang. Jika ada gangguan, sang jantan terbang ke betina untuk mengajak meninggalkan sarang”, kata Pak Odih, selaku ketua tim lapangan.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini