Kunjungan Cinta Dirjen KSDAE ke Resort Cinta Raja TN Gn Leuser

Rabu, 20 September 2017

Cinta Raja, 17 September 2017. Dirjen KSDAE beserta rombongan mengunjungi restorasi di Resort Cinta Raja. Di lokasi tersebut Dirjen dan rombongan di sambut oleh kepala BPTN Wil.III Balai Besar TN Gunung Leuser (BBTNGL) dan direktur YOSL-OIC. Selain kunjungan, Dirjen juga bernostalgia bersama staff kebanggaannya yang sekarang menjabat sebagai kepala resort cinta raja (keleng ukur).

Dirjen KSDAE menyampaikan apresiasi kepada pengelola restorasi atas kinerja tim dari BBTNGL dan YOSL-OIC karena dapat mengembalikan fungsi kawasan TNGL. Selain berdiskusi dengan pengelola, Dirjen juga berdiskusi dengan para volunteer asing yang sedang melakukan studi lapangan di lokasi restorasi. Selain berdiskusi, Dirjen beserta rombongan juga melakukan kegiatan penanaman.

Kunjungan dilanjutkan ke Tangkahan, yang disambut hangat dari para mahot dan pengelola wisata tangkahan. Dirjen juga disambut oleh sahabat- sahabatnya (okor, wak Yun, Ruth dan lain-lain) semasa bertugas di TNGL. Dalam sesi diskusi, Dirjen sangat takjub dengan perkembangan Tangkahan saat ini. Ruth salah satu pengelola wisata tangkahan yang juga sahabat dari Dirjen menuturkan penghasilan dari wisata di Tangkahan ini dapat mencapai 1 Milyar/thn. Angka yang sangat fantastik karena pengelolaan wisata tangkahan tersebut dilakukan secara swadaya masyarakat.

Dirjen KSDAE di sela-sela diskusi menyampaikan kebanggaannya terhadap sahabat-sahabatnya yang menjadikan tangkahan berubah dari penebang kayu menjadi pelaku wisata. Ia juga menyampaikan bahwa tangkahan adalah contoh bagi desa-desa sekitar kawasan TNGL khususnya dan umumnya bagi TN lainnya.

Diakhiri dengan mandi bersama dan berdiskusi santai di sungai Batang serangan di lokasi wisata Tangkahan, Dirjen dan rombongan memberi makan dan berfoto bersama gajah-gajah jinak Tangkahan.

Sumber : Balai Besar TN Gunung Leuser

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini